Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Petani Bontocani Butuh Jaringan Irigasi

Bontocani. Sejumlah warga Dusun Pao, Desa Bana, Kecamatan Bontocani yang berprofesi sebagai petani, berharap adanya bantuan pemerintah untuk membangun saluran irigasi dengan beton di daerah mereka. Pasalnya, kondisi saluran irigasi yang mereka rintis dan digunakan selama ini terbilang tradisional. Kondisi itu menjadi kendala dalam pengembangan usaha pertanian didaerah tersebut.
Seperti penuturan Iskandar (49) ketua kelompok Samaenre, irigasi yang mereka gunakan selama ini hanya untuk mengairi beberapa hektar lahan saja, karena masih berlantai dan dinding semen seadanya. Sehingga penyebaran air di sejumlah lahan persawahan tidak berjalan maksimal. "Guna mendukung usaha pertanian, kami sudah lama menunggu dan berharap agar pemerintah bersedia membantu membangun saluran irigasi didaerah kami ini. Apalagi sumber air melimpah dari mata air pegunungan dan tidak pernah kering walau musim kemarau," terang Iskandar yang ditemui bersama A. Amir L, Kepala Dusun Pao, Desa Bana.
Andi Amir menambahkan, menurut penjelasan PPL Desa Bana, tak bisa dipungkiri bahwa sistem pengairan mempengaruhi kualitas hasil pertanian khususnya tanaman padi. Hal tersebut seharusnya didukung dengan sistem saluran irigasi yang lebih baik. Selain mendukung hasil pertanian, juga untuk membantu petani dalam hal pengairan. "Apalagi program pak menteri Pertanian sekarang ini yang lagi gencar adalah pembangunan irigasi. Itulah yang kami harapkan," pintanya. (elya/yoush)
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment