#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Kegiatan Tudang Sipulung Desa Bana, Butuh Upaya Kerjasama Pemerintah dan Petani

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Taro Ada bersama Penyuluh Pertanian Desa Bana menggelar acara/kegiatan  Tudang Sipulung yang dilaksanakan di rumah Ketua Kelompok Tani Saorajae, Desa Bana, Kec. Bontocani, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

Hadir dalam Kegiatan ini, Camat Bontocani yang diwakili oleh Kasi pemberdayaan Masyarakat (Abd. Kahar, SPd, MSi) sekaligus pejabat Kades Bana, Kepala Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Bontocani, Penyuluh Desa Bana, Sekdes Bana, Kepala Dusun, Ketua-ketua Kelompok Tani dan Anggotanya.
Y.A. Yahya (Penyuluh Desa Bana) mengungkapkan apresiasinya yang tinggi kepada para petani dan para pelaku usaha pertanian karena animo petani untuk melakukan musyawarah tudang sipulung ditengah kesibukan bertani mereka. Untuk itu lanjut Y.A.Yahya dibutuhkan upaya kerjasama yang baik antara pemerintah dan petani dalam upaya meningkatkan hasil produksi beras sehingga target swasembada dapat tercapai.
Lebih lanjut beliau mengatakan tujuan dari kegiatan ini dalam rangka memperoleh kesepakatan antara pelaku usaha petani dan pemerintah dalam meningkatkan hasil pertanian seperti padi, palawija dan hasil tani lainnya, serta pola tanam, irigasi dan jadwal tanam. Selain itu juga tentang pupuk berimbang dan bibit unggul serta mewaspadai munculnya seragam hama. “Kami sebagai perpanjangan tangan pemerintah menghimbau petani agar dalam bercocok tanam, tidak hambur langsung, ikutilah petunjuk dari kami agar hasil usaha tani bisa dimaksimalkan dan dapat mendukung upaya swasembada pangan 2017” ungkapnya.
Pada kesempatan itu selain menyampaikan informasi mengenai program swasembada pangan, dilakukan pula pemutaran film budidaya Padi dan Budidaya Kakao, serta juga memecahkan berbagai permasalahan petani dalam berusahatani.  (yoush)
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment