#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Jeruk, Daun Sirih, Cengkeh, Ketimun sebagian dari 8 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan Secara Alami.

DIOLUHTAN. Untuk rubrik kali ini kami mencoba membahas beberapa Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan Secara Alami tanpa menggunakan pengawet atau bahan kimia.

Bau badan tentu salah satu ketidaknyamanan yang disebabkan bakteri yang tercampur dengan keringat, hasilnya badan akan mengeluarkan bau yang tidak enak. Orang yang memiliki bau badan biasanya akan terasa minder, walau sudah menggunakan parfum biasanya masih tercium aroma tidak sedap. Untuk meminimalisir keadaan tersebut ketahuilah tips berikut :

1. Mandi secara teratur
Dengan mandi secara teratur sebanyak 2 kali dalam 1 hari ternyata banyak manfaatnya, selain bermanfaat melancarkan peredaran darah, menghilangkan depresi dan lain sebagainya. Mandi adalah salah satu cara membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada tubuh sehingga menjauhkan dari bau badan. Tidak hanya pada saat mandi pagi, tetapi mandi malam juga mengandung banyak manfaat, tidak usah takut dengan mitos karena belum ada kebuktian kalau mandi malam berdampak jelek pada kesehatan.

2. Air rebusan daun sirih

Daun sirih memiliki kaya khasiat, pada zaman dulu tanaman daun sirih adalah tanaman yang wajib ada ditengah kegiatan sehari-hari, ternyata rebusan daun sirih juga memiliki kaya manfaat untuk kesehatan dan juga kulit. Kandungan yang terdapat dalam daun sirih diantaranya seperti minyak atsiri, estragol, kavibetol, cyneole, cadinene, pati, terpennena, gula dan lain-lain. Semua zat itu mengandung sejuta manfaat, contohnya untuk penyakit asma, radang tenggorokan, penyakit kulit, untuk membersihkan mata, dan salah satunya untuk menghilangkan bau ketiak. Caranya adalah kumpulkan 3-5 lembar daun sirih, lalu beri 2 gelas air putih lalu rebus hingga mendidih dan menyisakan kira-kira 1 gelas. Lalu air rebusan daun sirih dapat diminum secara rutin hingga terasa khasiatnya.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah buah yang rasanya asam tetapi sangat segar. Buah ini biasanya digunakan untuk mempercantik gelas yang biasa digunakan di restauran, caffe dan tempat makan. Tetapi tahukah anda ternyata jeruk nipis memiliki banyak manfaat, selain untuk kecantikan dan kesehatan ternyata jeruk nipis termasuk dalam kategori penghilang bau badan. Kandungan radikal bebas yang terdapat pada jeruk nipis berguna untuk menambah kekebalan tubuh terhadap penyakit, tetapi tidak disangka bahwa kandungan air jeruk nipis dapat menghilangkan bau badan secara alami, caranya sediakan 1 buah jeruk nipis, belah dua dan ambil airnya, lalu dapat dicampur dengan kapur dan daun sirih. Lalu dapat dioleskan ke sumber bau badan contohnya ketiak.

4. Cengkeh     

Cengkeh yang sering disebut cloves dalam bahasa Inggris, adalah semacam rempah-rempah yang berbentuk tangkai bunga yang beraroma dan sering digunakan sebagai bumbu masakan, juga sebagai bahan rokok kretek. Cengkeh mengandung banyak senyawa bahak kimia seperti asam oleanolat, eugenin, asam galatanat, sejumlah minyak atsiri dan lain sebagainya. Manfaat cengkeh beraneka ragam, contohnya menghilangkan nyeri haid, mengobati batuk, demam, menghitamkan alis dan menghilangkan bau badan. Caranya ambil beberapa tangkai buah cengkeh lalu rendam hingga mengembang lalu minum airnya, air cengkeh dapat ditambahkan sedikit gula agar tidak terlalu pahit, atau dapat dioleskan pada ketiak anda. Lakukan cara ini hingga hasil yang diinginkan

5. Ketimun

Ketimun mengandung antioksidan yang cocok sebagai penangkal bau badan, selain itu bagus untuk perawatan kulit. Ketimun atau yang akrab dengan sebutan mentimun adalah salah satu masker wajah yang biasa digunakan oleh wanita untuk menjaga wajah agar tetap lebih segar. Jus ketimun pun sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah berkat kandungan kalium, serat, magnesium dan fitonutrien. Namun untuk menghilangkan bau badan ternyata tidak usah ribet-ribet, cukup kupas kulitnya lalu gosokan kulit tersebut ke badan yang tercium bau tidak sedap. Selain menghilangkan bau badan, kulit tersebut akan terasa lebih kencang dan segar.

6. Kemanggi

Kemanggi adalah sejenis dedaunan yang biasa kita temui sebagai teman makan lalapan di lesehan. Daunnya terasa enak, lembut, aromanya harum dan aman untuk dikonsumsi. Komposisi 10 gram kemanggi mengandung energi 46 kkal, protein 4 g, kalsium 45 mg, zat besi 2 mg, vitamin A, B, C, zat kadar, lemak 0,5 g, fosfor 75 mg, dan air 85 g. Manfaat daun kemanggipun sangat banyak diantaranya untuk demam pada balita, membunuh jamur pada kulit, keputihan, anti peradangan dan salah satunya adalah mencegah bau mulut serta bau badan. Cara mencegah bau badan dengan kemanggi sangat gampang, dengan cara mengkonsumsi setiap pagi dan sore hari dipercaya akan mencegah bau badan dari dalam.

7. Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang sangat populer untuk dijadikan bahan obat dan bumbu masakan. Jahe dipercaya dapat menghangatkan badan dengan cara di parut dan diambil airnya lalu campur dengan bahan lainnya yang biasanya anda sebut jamu. Tradisi jamu sudah ada sejak dahulu kala dan ternyata jahe termasuk salah satu resep penghilang bau badan. Caranya, siapkan jahe sesuai dengan kebutuhan setelah kulitnya dibersihkan lalu blender, hasil blender diperas hingga tersisa sari-sarinya. Siapkan wadah, campurkan ekstrak jahe, propilen dan sedikit alkohol. Tuangkan air secukupnya dan aduk hingga tercampur semua bahan. Rebus campuran pada suhu 80 derajat C sambil diaduk2, hingga sedikit mengental lalu masukan ke dalam cetakan. Kemudian tiriskan.

8. Menggunakan Pakaian yang Tepat

Maksud dengan pakaian yang tepat adalah pakaian yang terbuat dari bahan katun yang dapat menyerap keringat. Hindari pakaian yang sempit, terutama pada bagian ketiak. Jika tidak ingin ribet gunakan deodoran yang terjual dipasaran, gunakan setelah mandi dan tidak dalam keadaan berkeringat.

Y.A. Yahya dari berbagai sumber
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment