#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Inilah Fungsi Vitamin pada Pakan Sapi Potong

Istilah Vitamin berasal dari  bahasa Inggris “vital amine” yang merupakan gabungan kata bahasa Latin “vita”  yang artinya "hidup" dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N).

Pada awalnya, vitamin memang dianggap memiliki atom N. Namun nantinya terbukti bahwa banyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N.

Sedangkan pengertian  dari Vitamin adalah sekelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme,yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.
Keberadaan vitamin sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu,  sebagai salah satu senyawa yang dapat memberikan efek kesehatan bagi tubuh mahluk hidup dan untuk tumbuh dan berkembang secara normal.
Secara garis besar, vitamin dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar, yaitu :
1.Vitamin yang larut dalam air
Yaitu vitamin B dan vitamin C.  Vitamin B & C  yang berasal dari pakan, akan masuk kedalam aliran darah dan beredar ke seluruh bagian tubuh. Jika berlebih, sebagian kecil akan disimpan di alam tubuh dan sisanya akan dibuang bersama urin (air kencing). Oleh sebab itu, tubuh mahluk hidup membutuhkan asupan vitamin larut air secara terus-menerus.
2.Vitamin yang larut dalam lemak
Yaitu  vitamin A, D, E, dan K. Vitamin jenis ini akan disimpan di dalam jaringan adiposa (lemak) dan di dalam hati. Vitamin ini kemudian akan dikeluarkan dan diedarkan ke seluruh tubuh mahluk hidup saat dibutuhkan. Beberapa jenis vitamin hanya dapat disimpan beberapa hari saja di dalam tubuh, sedangkan jenis vitamin lain dapat bertahan hingga 6 bulan lamanya di dalam tubuh.
Vitamin yang dibutuhkan oleh ternak sapi potong, digunakan untuk proses metabolisme. Tanpa vitamin, proses perombakan pakan menjadi bahan-bahan yang diperlukan oleh tubuh akan terganggu. Kekurangan vitamin pada ternak sapi potong biasanya terjadi pada saat musim kemarau, karena kesulitan untuk mendapatkan  pakan hijauan.

Sumber : wikipedia.org dan organisasi.org

Kutipan dari : (a) Sudarmono A.S,Sapi Potong,Jakarta: Penebar Swadaya,2008. Dan (b) Siregar.B.S,Penggemukan sapi ,Jakarta: Penebar Swadaya,2008.
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment