#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Kata Pakar: Rambutan Asli Indonesia Mengandung Senyawa Antikanker

DIOLUHTAN-suluhtani. Rambutan adalah buah asli Indonesia yang banyak mengandung air dan banyak disukai masyarakat lokal. Chris Kilham, seorang ahli pengobatan alternatif, yang juga pengajar etnobotani dari University of Massachusetts Amherst menyatakan bahwa rambutan tak hanya lezat, tapi juga mampu dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Bahkan ia menyebutkan kalau rambutan merupakan sumber antioksidan dan antikanker yang baik. 
"Buahnya telah lama digunakan untuk mengatasi disentri, sedangkan kulitnya mengandung berbagai senyawa bermanfaat sebagai antioksidan dan antikanker, yaitu ellagitannins dan xanthones," ujarnya dalam FoxNews, pekan lalu. Pernyataan ini diungkapkannya setelah mengunjungi Pulau Kalimantan, dimana saat itu tengah musim rambutan dan ia menyatakan terkesan dengan lezatnya buah ini.
Ia menyatakan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji rambutan mengandung beberapa senyawa yang mampu menghambat sintase asam lemak. "Temuan ini, yang diterbitkan dalam Carbohyrate Research Journal, menunjukkan bahwa ekstrak biji rambutan bisa menjadi antiobesitas yang efektif," ujar pria yang merupakan "pemburu obat-obatan tradisional" dan telah berkeliling dunia untuk menemukan berbagai obat alternatif baru ini.
Dari sudut pandang gizi, rambutan merupakan sumber gula alami, kalium, kalsium dan magnesium yang baik. Rambutan juga merupakan sumber serat sederhana dan mengandung beberapa vitamin B.
Kebanyakan rambutan berwarna merah, namun ada varietas kuning juga. Pada kesempatan yang sama Kilham mengatakan bahwa rambutan sangat mungkin menjadi harapan baru bagi perkembangan dunia pengobatan.
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment