#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Telur, Daging, Tahu-Tempe, salah satu Tips Anak Tetap Segar Selama Puasa

DIOLUHTAN. Puasa ramadhan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim tidak terkecuali bagi anak-anak yang sudah layak berpuasa. Terkadang melatih anak untuk berpusa bagi sebagian orang tua menjadi hal yang sulit untuk di terapkan. 
Hal ini lebih disebabkan kekhawatiran para orang tua akan kesehatan anak, dan tidak jarang banyak yang menganggap bahwa anak belum mampu untuk berpuasa sehari penuh di karenakan kondisi fisik mereka. 
Ilustrasi Anak berpuasa (foto : blog.lazada.co.id)

Namun bagi para orang tua yang ingin melatih anak untuk berpuasa ada tips yang dapat di terapkan pada anak saat mereka mulai berpuasa, berikut adalah tips nya: 
# Usahakan agar anak istirahat atau tidur sekitar 10-12 jam sehari. Istirahat dan tidur cukup di perlukan agar tubuh dapat mengganti sel-sel yang rusak, untuk pertumbuhan dan pemulihan serta untuk menata kembali memori dari informasi yang diterima.
# Sajikan menu makanan yang lengkap, seimbang 4 sehat 5 sempurna dan memenuhi kebutuhan zat gizi dengan jumlah porsi setiap hari yang terdiri dari : 
1. Karbohidrat (50-60%). Saat sahur si kecil sebaiknya makan dengan nasi atau sumber karbohidrat lainnya. Sajian kolak, kurma dan kue-kue bisa menjadi santapan saat berbuka.
2. Lemak (40-50%). Saat saur, asupan lemak dan protein yang lebih banyak akan membantu anak dengan cadangan energi yang lebih besar saat puasa. Lemak yang berasal dari hewan dan nabati antara lain minyak goreng, santan dan sebagainya. 
Sementara protein yang berasal dari lauk pauk hewani dan nabati antara lain, telur, daging, ikan,  tahu, tempe, kacang-kacangan, dan lain-lain.
3. Vitamin, Mineral dan Serat. Ini bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Berikan 6-8 porsi gabungan sayur dan buah setiap harinya. 1 porsi buah ini setara dengan 1 buah pisang atau apel. 
Sedangkan 1 porsi sayur setara dengan sepiring urap-urap sayur. Dengan kata lain, bila anak hanya makan sayur 2 porsi maka tambahkan 4 porsi buah. 
# Jangan berikan makanan atau minuman yang asam, bersantan dan pedas agar tidak mengganggu dan merangsang kerja lambung si kecil.
# Banyak minum air putih saat berbuka dan makan saur dapat membantu si kecil merasa segar dan bugar sepanjang hari.
# Jangan biarkan si kecil mengonsumsi makanan secara berlebihan hingga membuatnya kekenyangan, karena lambung akan melebar dan membuat anak cepat merasa lelah, malas, mengantuk bahkan muntah. 
# Tetap beraktivitas dan berolahraga selama puasa. Ini baik untuk merangsang metabolisme untuk pertumbuhan dan kebugaran. Namun pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuannya dan jangan sampai aktivitasnya sama atau melebihi seperti saat tidak berpuasa.  
Demikian Tips dari Diorama Penyuluhan dan Kedaulatan Pangan, semoga bermanfaat.

Disarikan dari berbagai Sumber

Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment