#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Bertemu Jokowi, Petani Keluhkan Kelangkaan Pupuk serta serangan Hama

Sejumlah petani mengeluhkan kelangkaan pupuk urea dan serangan hama yang menyerang tanaman padinya kepada calon presiden Joko Widodo (Jokowi). Keluhan itu disampaikan saat Jokowi berkunjung ke Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (13/6/2014). 

"Saya bilang ke Pak Jokowi mengenai pupuk untuk dikendalikan," kata salah seorang petani, Mahmudi, seusai berkeluh kesah kepada Jokowi. 
Mahmudi mengatakan, harga pupuk saat ini terus naik karena stoknya semakin langka. Harga pupuk urea ukuran 50 kilogram dibelinya seharga Rp 120.000 dari harga sebelumnya yang hanya Rp 80.000. Akibat kesulitan mendapat pupuk, kata Mahmudi, produksi pertaniannya menjadi tak maksimal. 

Jika biasanya lahan satu hektar bisa menghasilkan tujuh ton gabah kering giling, kini penghasilan menyusut menjadi maksimal lima ton saja. Selain pupuk, Mahmudi juga mengeluh sulitnya mengatasi serangan hama pada lahan tani di desanya. Hama yang dimaksud adalah hama tikus dan keong.
"Pak Jokowi cuma bilang iya, insya Allah katanya, tapi mungkin nanti kalau sudah jadi (presiden)," kata Mahmudi, saat ditanya mengenai solusi yang ditawarkan Jokowi
http://indonesiasatu.kompas.com/read/2014/06/13/1915236/
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment