Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Agar Tidak Menambah Beban Peternak, Pemerintah Diminta Mensubsidi Setengah Jumlah Biaya Premi Asuransi Sapi

Peternak berharap pemerintah memberikan subsidi di awal penerapan Asuransi Ternak Sapi (ATS). Subsidi ini hanya untuk sementara, sampai peternak cukup mandiri untuk mengembangkan usaha sendiri. "Ini kan cost yang harus dikeluarkan peternak, jadi perlu ada bantuan awal dari APBN," ujar perwakilan Asosiasi Peternak Sapi Boyolali (ASPIN) 
Subsidi yang ideal menurut dia setengah dari jumlah biaya premi yang harus dibayarkan peternak. Premi yang ditentukan juga diharapkan tidak terlalu besar, sesuai kemampuan rata-rata peternak kecil daerah.
Peternak optimistis program ATS bisa membuat peternakan di Indonesia semakin maju. Selama ini, keengganan peternak mengambil kredit karena jumlah premi yang terlalu besar.
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Rusman Heriawan mengatakan pemerintah telah merancang skema asuransi agar cukup mudah diadopsi peternak. Untuk peternak sapi perah misalnya, peternak bisa menjadi anggota kelompok koperasi. Nantinya premi diyarakan oleh koperasi dengan cara mencicil dari hasil penjualan susu. "Kalau langkah awal sudah disubsidi, nanti sudah berhenti," katanya. 
Sumber : http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/13/10/23/mv44jn-peternak-minta-subsidi-asuransi-ternak-sapi
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment