Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Dialog Dengan Pengrajin Tempe, Jokowi Janjikan Harga Kedelai Murah

Sebelum berkampanye, capres Joko Widodo blusukan ke sentra pengrajin tempe di Jambi Timur. Jokowi pun mendapat keluhan soal harga kedelai.
Bersama dengan salah seorang pengrajin bernama Samsul, Jokowi membahas kendala-kendala yang mereka hadapi. Samsul sudah membikin penganan dari kedelai itu dari tahun 1972.
"Ini besar sekali ini adalah ekonomi kerakyatan adalah usaha yang konsepnya melibatkan industri rumah tangga yang menjadi kekuatan kita," kata Jokowi di sentra pembuatan tempe di Lorong Gembira, Jambi Timur, Selasa (24/6/2014).
Samsul pun mengutarakan saat ini harga kedelai Rp 9.500. Normalnya, menurutnya, harga kedelai Rp 6.000. "Harapan saya harga stabil. Kalau naik keuntungan hilang," kata Samsul.
Jokowi kemudian memaparkan visinya soal pedagang kecil seperti Samsul. Menurutnya, langkah konkrit yang harus diambil yaitu masalah perijinan, pengadaan bahan baku, dan kemampuan untuk ekspor.
"Pertama masalah perizinan harus digratiskan SIUP diberikan ke mereka untuk akses permodalan. Kedua, pemerintah menjamin supply bahan baku tidak hanya tempe dan harganya pada harga normal. Ketiga untuk produk UMKM harus didorong masuk ke pasar ekspor. Itu tugas pemerintah," kata capres nomor urut 2 itu.
Sumber : http://news.detik.com/pemilu2014/read/2014/06/24/155956/2617908/1562/dialog-dengan-pengrajin-tempe-jokowi-janjikan-harga-kedelai-murah?9922032
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment