#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Presiden SBY : Swasembada Pangan Harus Diwujudkan Demi Kemandirian

Diorama Penyuluhan Pertanian - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka Pekan Nasional Petani dan Nelayan ke-XIV di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Di hadapan puluhan ribu petani dan nelayan se-Indonesia pada Sabtu (7/6/2014) sore, presiden mengatakan tantangan besar akan dihadapi untuk menyiapkan ketahanan pangan nasional.
"Kecukupan pangan atau swasembada harus diwujudkan demi kemandirian pangan di negeri sendiri," ucap SBY dalam pidatonya.

Presiden berharap, para petani dan nelayan terus berprestasi meningkatkan produksi pangan. Peningkatan produksi pangan juga akan mendukung ketersediaan pangan dan peningkatan taraf hidup petani dan nelayan sendiri.
"Saya ucapkan terima kasih kepada saudara yang sudah berprestasi demi meningkatnya produksi pangan tanah air. Teruslah berprestasi dan menjadi tauladan bagi semua," tutur SBY.
Presiden menuturkan, tantangan besar akan dihadapi melihat dari meningkatkan penduduk dunia. Dari 5 tahun lalu sebanyak 7 miliar manusia, dan 30 tahun lagi diperkirakan mencapai 9 miliar manusia.
"Bertambahnya penduduk ini, akan memerlukan tambahan pangan hingga 70 persen, begitu juga energi. Makin ke depan kebutuhan pangan meningkat agar tidak kekurangan, produksi harus ditingkatkan," tutur presiden
Menurut presiden ada tiga sasaran besar harus dicapai bersama. Yang pertama, keinginan pangan negeri cukup dan berlebih, kedua penghasilan petani dan nelayan makin baik, ketiga rakyat Indonesia berjumlah lebih dari 240 juta jiwa dapat membeli makanan dengan harga terjangkau.
"Pertanyaannya adalah bagaimana caranya mencapai 3 sasaran itu? Ada lima pihak paling berkepentingan bekerja sekuat tenaga mewujudkannya. Yaitu, pemerintah, pakar, peneliti, inovator, dunia usaha, komunitas petani dan nelayan makin produktif, dan kelima masyarakat luas. Karena bumi ini tidak berkembang," jelas SBY.
Presiden berpesan, agar masyarakat tidak boros atau rakus. Dan mengonsumsi pangan sehemat mungkin. Agar generasi mendatang tidak kekurangan pangan. "Kita harus siapkan ketahanan pangan untuk anak cucu kita dan masyarakat banyak," tutup presiden.
Hadir mendampingi presiden Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta para menteri kabinet Indonesia Bersatu II.


sumber :  http://news.detik.com/read/2014/06/07/193612/2602148/10/presiden-sby-swasembada-pangan-harus-diwujudkan-demi-kemandirian?nd772204btr
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment