Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Pasca PENAS, Mentan optimis Petani makin Sejahtera

Diorama Penyuluhan Pertanian - Menteri Pertanian, Suswono optimistis kesejahteraan petani makin bertambah usai mengikuti kegiatan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XIV di Malang. Ini lantaran petani makin bertambah pengetahuan dan kreativitasnya yang diyakini mampu mendukung percepatan target pembangunan sektor pertanian.
Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Pertanian (Mentan), Suswono, saat menutup Penas 2014 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Kamis (12/6).
Dikatakannya, kegiatan yang menampilkan inovasi teknologi serta keberhasilan pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan itu telah memberikan pembelajaran yang baik kepada petani dan nelayan

Keberadaan Penas ke depan akan semakin memiliki peran yang strategis sebagai sarana peningkatan pengetahuan petani-nelayan. Selain itu juga untuk ajang promosi hasil pembangunan pertanian di Indonesia guna mengembangkan sistem agribisnis yang berdaya saing.
Ia berharap kegiatan Penas mampu meningkatkan jejaring dan kemitraan usaha berbasis pertanian sebagai landasan yang kuat dari ekonomi kerakyatan. Dengan demikian target swasembada pangan pada 2014 lebih berpeluang dapat tercapai.
Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Tohir mengatakan, dalam Penas 2014 mampu menghasilkan transaksi senilai Rp 120 miliar dimana Rp 60 miliar berasal dari kegiatan temu agribisnis.
Sebagai tuan rumah, Kabupaten Malang sukses menggelar acara Pekan Nasional Petani Nelayan ke-14 ini. “Tahun pekan nasional di Malang diikuti oleh 35 ribu petani nelayan dari seluruh Indonesia,” kata Winarno.
Petani dari negara-negara sahabat seperti Jepang, negara-negara Asia Tenggara, dan negara-negara Asia Pasifik berencana ikut serta dalam kegiatan tersebut. Beragam acara diadakan dalam pekan nasional ini. Di antaranya adalah pameran, gelar teknologi, diskusi antar petani, aneka perlombaan, dan kegiatan lainnya.
Saat penutupan Penas 2014, Mentan juga menyerahkan penghargaan kepada bupati, wali kota, kepala dinas, penyuluh pertanian, serta petani dan kelompok tani yang dinilai berprestasi dalam pembangunan pertanian di wilayahnya. Direncanakan Penas XV direncanakan pada 2017 di Provinsi Nangroe Aceh Darusalam.
Wapres Batal Hadir
Sebelumnya, Wakil Presiden Boediono dipastikan akan menghadiri rangkaian acara penutupan Pekan Nasional (PENAS) XIV Kontak Tani Nelayan Andalan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Namun dua menjelang penutupan Wapres dipastikan batal hadir sehingga acara tiga tahunan ini ditutup oleh Menteri Pertanian, Suswono. Kepastian tersebut diungkapkan Wasekjen KTNA Nasional, Asep Sofyan, Penas XIV yang digelar di Stadion Kanjuruhan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 7 Juni lalu diikuti sekitar 35 ribu petani nelayan dari seluruh tanah air. (jal)

http://www.jatimprov.go.id/site/pasca-penas-mentan-optimistis-petani-makin-sejahtera/
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment