#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Bagaimana Teknik yang Baik dalam Memerah Susu?

Memerah dengan cara ditarik ternyata merupakan sebuah kesalahan. Mirisnya, 99 persen peternak di Indonesia melakukan pemerahan dengan cara ditarik. Padahal yang benar adalah ditekan.
Dalam acara 'Farmer 2 Farmer: From Farmer, To Farmer' yang berlangsung di Peternakan Sapi Pondok Ranggon, Jakarta Timiur, Peternak asal Belanda, Garben Smeenk mengatakan, cara yang benar ketika memerah sapi jangan pernah ditarik, karena itu dalam merusak organ bagian dalam puting sapi.
"Dari luar memang terlihat panjang dan normal. Tapi coba dipotong, jaringan-jaringan di bagian puting seperti karet yang ditarik terus," kata Garben.
Lebih lanjut pria berkepala pelontos itu mengatakan, yang lebih membahayakan bila itu sampai rusak. Sebab, akan rentan terhadap penyakit pada sapi. "Cepat terjadinya mastitis dan puting bisa cepat mati," kata Garben menambahkan.
Walaupun ditekan memiliki efek fisik yang sama, terang Garben, tapi umur puting akan lebih panjang dan efek yang terjadi akan lebih sedikit daripada ditarik.
Program `Farmer 2 Farmer` ini merupakan sharing ilmu pengetahuan antara peternak sapi perah Belanda dengan para peternak yang berasal dari Indonesia.

Sebagai program jangka panjang yang akan dilakukan dalam kurun waktu lima tahun ke depan, tahun 2013 ini, empat peternak Belanda akan mendatangi lima area peternakan yang ada di pulau Jawa sebagai pilot project selama 3 minggu. (BT-FF)
Sumber : Liputan6.com


Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment