Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Buka Puasa, Lebih Sehat Air Kelapa atau buah Kurma?

Pada prinsipnya untuk berbuka puasa sangat direkomendasikan makanan dan minuman yang kaya akan serat. Namun pada Ramadhan pada khususnya, kurma kerap menjadi pilihan favorit menu berbuka. Tapi tidak sedikit pula yang memilih menu lainnya yang lebih menyegarkan lainnya, sebut saja es teler, es campur, atau es kelapa muda.
Di tulisan ini kita akan membahas perbandingan manfaat kesehatan dan keutamaannya menjadi menu berbuka puasa antara kurma dan air kelapa. Manakah yang lebih baik? Berikut paparannya :

Air Kelapa untuk Berbuka Puasa
Berikut ini adalah keutamaan kandungan yang dimiliki air kelapa:
  • Air kelapa memiliki kandungan karbohidrat 
  • Selain itu air kelapa juga memiliki kandungan elektrolit yang tinggi, seperti kalium atau disebut juga potasium, natrium atau sodium, dan jugamagnesium.
Karena tinggi kandungan elektrolit, air kelapa sering digunakan sebagai salah satu cara mencegah dan mengatasi dehidrasi. Alasan itu pula yang menjadikan air kelapa pilihan minuman saat berbuka puasa.
Kurma untuk Berbuka Puasa
Buah kurma kaya kandungan Karbohidrat, atau lebih tepatnya fruktosa dan dekstrosa. Selain itu, kelebihan buah kurma adalah mudah dicerna tubuh dan mampu mengembalikan energi tubuh secara cepat.
Serupa seperti air kelapa, kurma juga memiliki kandungan elektrolot seperti kalium (potassium) dan natrium (sodium).
Meskipun serupa, keduanya memiliki manfaat berbeda. Hal ini dikarenakan faktor kandungan dari air, tingkat kematangan, jenis dari masing-masing buah dan faktor lingkungan dari kelapa dan buah kurma, akan tetapi secara garis besar pada umumnya zat-zat yang terkandung adalah sebagai berikut:
1. Keduanya memiliki karbohidrat sederhana, yaitu glukosa, dekstrosa, sukrosa. Sumber energi ini ditemukan baik pada air kelapa maupun kurma, namun kandungan keduanya sangatlah berbeda.

  • Pada air kelapa, kandungan karbohidrat sangatlah rendah, sedangkan pada buah kurma justru sangat tinggi.
  • Kandungan karbohidrat sederhana pada buah kurma bahkan dapat mencapai lebih dari 50%, sedangkan pada air kelapa hanya seperduapuluh dari kandungan pada buah kurma.
2. Keduanya memiliki elektrolit, natrium dan kalsium.

  • Pada air kelapa, kandungan natrium atau disebut juga sodium ditemukan 15-50% lebih tinggi daripada kandungan natrium pada buah kurma.
  • Sedangkan kandungan kalium atau potasium, ditemukan hampir serupa. Kandungan kalium pada air kelapa hampir serupa dengan buah kurma, dengan jumlah yang sedikit lebih tinggi pada buah kurma.
Keduanya sama-sama bernutrisi yang bermanfaat untuk berbuka puasa, dan keduanya tidak dapat dibandingkan satu sama lain, karena masing-masing memiliki kegunaan dan khasiat yang berbeda.
  1. Air kelapa sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang atau mengatasi dehidrasi yang terjadi karena Anda beraktivitas seharian dalam kondisi berpuasa.
  2. Sementara itu, buah kurma sangat baik untuk menggantikan energi yang hilang akibat beraktivitas seharian tanpa asupan makanan karena berpuasa.
Jadi sebagai kesimpulan, baik air kelapa maupun buah kurma baik dikonsumsi saat Anda berbuka puasa.


Sumber : klikdokter.com/healthnewstopics/
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment