Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Buka Puasa dengan Hangatnya Kaya Nutrisi Bubur Kacang Hijau

Setelah perut kosong selama hampir 14 jam, minuman hangat kaya serat baik untuk pecernaan.Seperti aneka bubur beras dan kacang-kacangan. Bubur acang hijau yang nikmat dan hangat juga bisa diracik sendiri.
Rindu harumnya bubur kacang hijau? Anda bisa membuat sendiri di rumah dengan bahan- bahan sederhana. Yuk coba!
1. Bahan bubur kacang hijau
Siapkan bahan berupa 200 gram kacang hijau, 1 lembar daun pandan, 2 cm jahe yang sudah dikupas, 250 gram gula merah, 50 gram gula pasir, dan 2 sendok makan tepung kanji yang dilarutkan dengan air.

2. Saus santan
Tak lengkap rasanya menikmati bubur kacang hijau tanpa kuah santannya. Siapkan 250 ml santan kental, setengah sendok teh garam, dan seperempat sendok teh vanilli. Masukkan bahan kedalam panci lalu didihkan hingga kental dan tercampur rata. Angkat dan dinginkan
3. Bersihkan dan masak kacang
Bersihkan kacang hijau lalau rendam dengan air bersih selama 2 jam. Didihkan air secukupnya dalam panci, masukkan kacang hijau. Rebus hingga kacang hijau pecah atau merekah dan lunak serta kuahnya hijau kerih.
4. Masukkan gula
Tambahkan daun pandan, jahe, gula merah, dan gula pasir. Didihkan hingga gula larut dan seluruh kacang lunak serta kuahnya mengental.
5. Pengental
Larutkan tepung kanji dengan sedikit air lalu tuangkan ke dalam rebusan kacang hijau. Aduk hingga mengental lalu angkat.
6. Sajikan
Taruh bubur di mangkuk-mangkuk saji. Siram dengan kuah santannya dan sajikan hangat.


Sumber : http://food.detik.com/ramadan/read/2014/07/07/165606/2630341/297/hangat-kaya-nutrisi-bubur-kacang-hijau-untuk-buka-puasa?880006fa
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment