Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Metode Tikus usir Tikus

Tikus sawah Rattus argentiventer acap kali mencuri laba petani padi. Kelompok tani Barang Mamase di Desa Bana, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, punya cara unik untuk mengusir tikus. Bercermin dari informasi dari media internet dari salah satu kelompok tani di Desa Sawangan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Mereka menangkap 2—3 tikus, lalu mengikatkan klintingan pada leher tikus. Petani melepaskan tikus itu di areal yang terserang pada sore hari. Suara klintingan tikus itu mengusir tikus lain dan padi pun bebas dari serangan hewan pengerat anggota famili Muridae itu.

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment