#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Waspada Zoonosis Rabies Dengan Vaksinasi Berkala

DIOLUHTAN. Sulsel. Zoonosis adalah istilah untuk penyakit ternak/hewan yang dapat menulari manusia, contohnya anthraks pada sapi dan Rabies pada anjing, kucing dan kera/monyet.
Khusus pada hewan Anjing. Populasi anjing di Kec. Patimpeng, Kab. Bone, Sulawesi Selatan memang masih cukup tinggi sehingga rawan terhadap penyebaran rabies membuat penyuluh pertanian Dinas Peternakan Kab. Bone yang bertugas pada Kecamatan tersebut terus berupaya melakukan pencegahan dengan cara melakukan penyuluhan, vaksinasi rabies dan pelatihan bagi petani untuk menjadi vaksinator.
Menurut Jusman, salah satu kader vaksinator asal Dusun Barugae, Desa Massila, Kec. Patimpeng mengungkapkan bahwa jangan heran kalau semua masyarakat disini memiliki anjing lebih dari 3 ekor, sebab hewan ini bermanfaat bagi kami untuk menjaga usaha tani dari hama babi dan banyak kegunaan-kegunaan lainnya.


Jusman, Kader Vaksinator membantu Menangani Anjing yang divaksin Petugas

Alla, mantan Kadus Kadieng, Desa Massila mengapresiasi kegiatan ini dan mengharapkan agar kegiatan ini dilakukan secara kontinyu dan berkala, karena hewan anjing di wilayah kami sangatlah banyak dan terpelihara oleh masyarakat walaupun pola pemeliharaannya masih tradisional, tidak semewah anjing-anjing diperkotaan.

Penyuluh tetap melakukan pendampingan terhadap Petani yang telah dilatih sebagai Kader Vaksinator

Yusran A. Yahya, penyuluh pertanian 
Dinas Peternakan Kab. Bone yang bertugas pada kecamatan tersebut menjelaskan bahwa program vaksinasi rabies akan rutin dilaksanakan. "Insya Allah, dengan bantuan dari dana APBD I/APBN melalui Dinas Peternakan Kab. Bone, kami akan melaksanakan vaksinasi secara berkala pada hewan pembawa rabies, bahkan kami telah melatih para petani khususnya pemuda tani untuk menjadi vaksinator rabies di wilayahnya" jelasnya
Source : Andi Elya Azis
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment