#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Laporkan Potensi Panen melalui Aplikasi e-PANEN

DIOLUHTAN. Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mengeluarkan aplikasi yang tujuannya untuk mengetahui rencana dan potensi panen di masing-masing wilayah kerja penyuluh pertanian.
Melalui surat Nomor : B-42/SM010/1.2/I/2018 tertanggal 4 Januari 2018 perihal pelaporan potensi panen melalui aplikasi e-Panen. Surat tersebut ditujukan kepada semua pimpinan kelembagaan yang menyelenggarakan fungsi penyuluhan pertanian provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. “Dalam rangka mempertahankan swasembada pangan dan membatasi dorongan impor beras, maka perlu data informasi potensi luas panen sebagai dasar ketersediaan bahan pangan. Sehubungan hal tersebut diharapkan bantuan pimpinan kelembagaan yang menyelenggarakan fungsi penyuluhan pertanian provinsi dan kabupaten/kota agar menggerakkan Penyuluh Pertanian untuk melaporkan luas rencana/potensi panen padi di wilayah kerja masing-masing pada periode 4 Januari s.d 31 Maret 2018 ke dalam aplikasi e-Panen” tegas salah satu isi dalam surat tersebut.
 Surat Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian

Menurut Andi Elya Azis, salah satu penyuluh pertanian di Provinsi Sulawesi Selatan ketika dikonfirmasi Dioluhtan, bahwa dirinya ditugaskan untuk melaporkan rencana/potensi panen padi di wilayah kerjanya yaitu Desa Masago, Kec. Patimpeng, Kab. Bone, Sulsel ke dalam aplikasi e-Panen. “Saya dan teman-teman penyuluh intinya siap mengisi rencana/potensi panen padi, jagung dan kedelai di wilayah kami, hanya terkadang sangat susah untuk menginput data tersebut, karena berulangkali kami coba, tidak pernah berhasil, tetapi kami tetap berupaya mencoba terus sampai data kami ter-upload” ujarnya
Dari penelusuran Dioluhtan, Aplikasi e-Panen tersebut sederhana untuk memudahkan merekam data dan dapat diakses semua pihak, dengan alamat sebagai berikut :
alamat akses ke: aplikasi2.pertanian.go.id/epanen
Pada menu input data silakan dientri identitas diri pengentry, data lokasi wilayah (provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa, data panen dan luasan, serta bisa ditambahkan titik koordinat. Setelah itu simpan-rekam data "save"

BACA PULAPetunjuk Pengoperasian Aplikasi e-PANEN
Secara rinci tahapan atau langkah-langkah penyampaian rencana/potensi panen padi, jagung dan kedelai melalui aplikasi e-Panen sebagai berikut :
1. Akses aplikasi dapat  melalui perangkat PC, Notebook/Laptop atau Handphone (berbasis android) yaitu :
aplikasi e-panen: http://aplikasi2.pertanian.go.id/epanen
Username ketik: operator
Password ketik: operator
2. Lakukan pengisian data-data informasi yang akan diinput meliputi isian data rencana panen, seperti Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa, Tanggal, Luas panen, Perkiraan produktivitas, sampai harga Gabah kering panen (GKP);
3. Untuk memakai fasilitas HP, lakukan pemotretan 1 kali dengan fasilitas kamera handphone “open camera”, maka foto akan langsung masuk format laporan dan informasi koordinat akan langsung terinput pada isian koordinat latitude dan longitude
4. Masukkan foto atau gambar areal panen yang dimaksud dengan memilih choose file, maka handphone otomatis akan mengaktifkan pilihan kamera.
Catatan : untuk langkah 4 khusus dengan HP, pastikan fasilitas location pada handphone telah diaktifkan.

5. Untuk yang melakukan penginputan melalui PC atau komputer maka koordinat longitude dan latitude harus diisi/ketik. Jika info foto berasal dari open camera maka contoh formatnya adalah sebagai berikut:
contoh Desa Masago, Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone, maka koordinatnya sebagai berikut :
lat.: -4°55’56”, long.: 120°7’28”
6. Lakukan penyimpanan /rekam data enter "save"
7. Data yang sudah direkap dan diinput dapat di cek melalui menu "laporan" dan dapat di print sesuai dengan menu-menu yang ada, atau dicopy ke dalam program excell untuk berbagai keperluan.
Surat BPPSDMP yang ditanda tangani oleh  Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan) Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Siti Munifah, MSI menegaskan bahwa penginputan rencana/potensi panen padi, jagung dan kedelai di masing-masing wilayah penyuluh pertanian sagatlah penting. “Mengingat pentingnya hal tersebut, kami mohon kepada para pimpinan kelembagaan yang menyelenggarakan fungsi penyuluhan pertanian provinsi dan kabupaten/kota untuk segera menginormasikan kepada Penyuluh Pertanian di wilayah kerja masing-masing.
***
Lampiran surat Nomor : B-42/SM010/1.2/I/2018 tertanggal 4 Januari 2018 :
1. Tampilan muka ketika mengakses aplikasi2.pertanian.go.id/epanen
2. Ketik: username : operator dan password : operator
3. Tampilan menu aplkasi e-panen

4. Tampilan input data e-panen


Lebih jelasnya silahkan ikuti tahapan dan petujuk pengisian ➼  Klik
Source : Y. A. Yahya
Sumber : Pusluhtan Kementan RI
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment