Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

TAKESI, Inovasi Informasi berbasis Android mendukung UPSUS SIWAB

DIOLUHTAN. TAKESI adalah singkatan dari Teknologi Android Kesehatan Sapi yang merupakan aplikasi informasi penyakit hewan berbasis android yang di khususkan untuk penyakit pada sapi potong.
Inovasi informasi ini di luncurkan untuk mendukung UPSUS SIWAB sebagai sarana edukasi untuk peternak, penyuluh dan petugas lapangan agar mereka bisa memahami tentang penyakit-penyakit pada ternak sapi yang meliputi gejala-gejala penyakit, penyebab, pengobatan, pencegahan dan pengendalian penyakit sehingga dengan demikian akan meningkatkan wawasan dan bisa mengambil tindakan awal dalam penanganan penyakit sapi tersebut.

BACA PULA : BBalitvet PerkenalkanInovasi Teknologi Informasi Berbasis Android AVINDIG  sebagai Sarana Edukasi Peternak Unggas


Secara garis besar, aplikasi ini terdiri empat komponen utama yaitu penyakit dan gangguan reproduksi pada sapi indukan, penyakit dan gangguan pada anak sapi, manajemen kesehatan sapi dan kontak ahli. “Berdasarkan jenis penyakitnya, aplikasi ini dibagi menjadi penyakit infeksius dan non infeksius. Dan untuk memudahkan pemahaman informasi bagi pengguna TAKESI disusun menggunakan bahasa yang sederhana, singkat dan jelas termasuk memasukkan beberapa bahasa daerah popular perihal nama penyakit-penyakit tertentu” ujar Kepala BBalitvet, DR. drh. NLP Indi Dharmayanti, MSi
Leaflet aplikasi TAKESI

Program ini juga dilengkapi dengan galeri photo dan video tentang penyakit-penyakit sapi di Indonesia. Mesin pencarian jenis penyakit berbasis gejala klinis, misalnya pengguna dapat memasukkan kata kunci “lumpuh” (sesuai gejala klinis yang dilihat pada sapi yang bersangkutan), maka dengan menekan tombol “cari”, layar ponsel pintar akan menyajikan beberapa alternative kemungkinan penyakit yang menyerang ternaknya.
Cara Meng-Instal TAKESI pada ponsel.
Pertama, Dalam ponsel, carilah Google Play Store, lalu masukkan kata kunci “TAKESI” dan pilih simbol “TAKESI” kemudian install,
Kedua, jika sudah 100% peng-instalan (berhasil), simbol “TAKESI” akan nampak pada layar ponsel.
Ketiga, klik/sentuh simbol “TAKESI” pada layar ponsel untuk mengaksesnya.
Cara Menggunakan aplikasi TAKESI
Dengan memasukkan kata kunci berdasarkan gejala klinis yang nampak, kemudian Cocokkan gejala klinis yang Nampak dengan foto pada galeri. Lalu hubungi tenaga kesehatan hewan setempat untuk pengobatannya atau hubungi kontak ahli jika membutuhkan informasi lebih detail.
Source  : Y. A. Yahya 
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment