#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Daging Kerbau Banyak Manfaat dan Keunggulan

DIOLUHTAN. Indonesia telah mengimpor daging kerbau yang sudah tersertifikasi halal dari India. Walaupun belum banyak dikenal dan dikonsumsi masyarakat Indonesia, ternyata daging kerbau memiliki manfaat cukup banyak, salah satunya kandungan Omega-3 dan asam linoleat pada daging kerbau.
Ilustrasi Karikatur Impor Kerbau India (foto : www.tabloidsinartani.com)

Keberadaan asam linoleat dinilai bermanfaat karena senyawa ini sangat diperlukan dan tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia, sehingga manusia harus mendapatkannya melalui asupan makanan. Adapun beberapa khasiat daging kerbau untuk kesehatan manusia sebagai berikut:
1.  Meningkatkan Masa Otot
Kandungan protein dalam daging kerbau merupakan asupan yang baik untuk membentuk masa otot terutama bagi pe-fitness. Jika menginginkan otot tubuh yang berbentuk, daging kerbau bisa menjadi salah satu menu makanan yang dianjurkan.
2. Sumber Energi
Daging kerbau mengandung protein dan karbohidrat yang dapat berfungsi sebagai sumber energi. Kandungan ini sangat baik dikonsumsi, terutama ketika tubuh terasa lesu dan kurang bergairah.
3. Sumber Gizi Ibu Hamil
Saat hamil, kebutuhan nutrisi calon ibu harus dipenuhi agar janin dapat berkembang dengan baik. Salah satu nutrisi penting yang harus didapatkan ibu hamil adalah Vitamin B12 yang merupakan vitamin yang baik untuk perkembangan otak janin. Vitamin ini banyak terkandung pada daging merah. Oleh karenanya, mengkonsumsi daging kerbau atau daging sapi selama kehamilan sangat dianjurkan.
4. Terapi Kanker Payudara
Belum banyak yang mengetahui, ternyata daging kerbau berkhasiat untuk salah satu alternatif pengobatan kanker payudara. Daging hewan ini dapat mengobati kanker karena mengandung asam linoleat, senyawa yang dapat melawan sel rusak termasuk sel kanker. Selain itu, Omega-3 di dalamnya juga mampu menghambat perkembangan sel kanker.
5. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh sangat mempengaruhi ketahanan seseorang terhadap penyakit. Semakin tinggi sistem kekebalan tubuh, maka semakin jarang orang tersebut terserang penyakit. Salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit adalah dengan mengkonsumsi daging kerbau. Hal ini dikarenakan daging kerbau mengandung zink yang cukup besar.
6. Sumber Nutrisi Anak
Kandungan nutrisi pada daging kerbau sangat baik untuk pembentukan masa otot dan juga perkembangan tulang. Daging kerbau sangat baik untuk masa pertumbuhan anak.
7. Meningkatkan Kecerdasan Otak
Kandungan Omega-3 pada daging kerbau ternyata cukup tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi daging ini dapat meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan konsentrasi.
8. Mencegah Dimensia
Selain itu, kandungan Omega-3 pada daging kerbau juga dapat memelihara memori otak, sehingga dapat mencegah dimensia atau pikun. Namun, perlu diketahui, hal ini tak berpengaruh jika daging kerbau hanya dikonsumsi saat di usia lanjut.
9. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular
Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan Omega-3 terbukti dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan juga stroke. Omega-3 memiliki efek terbatas terhadap tekanan darah. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan The UK Scientific Advisory Commitee on Nutrition.
10. Mencegah Kholesterol
Kandungan lemak jenuh pada daging kerbau ternyata lebih sedikit dari daging sapi. Selain dapat mencegah penyakit jantung dan stroke, kandungan Omega-3 pada daging kerbau juga dapat menurunkan risiko timbunan kholesterol dalam pembuluh darah. Sebab asam lemak Omega-3 mampu mengikat dan mengurangi kadar trigliserida dalam darah.
Penyuluh Pertanian Dinas Peternakan Kab. Bone dengan Latar Belakang Kerbau (Tedong Bonga) (foto : Y.A.Yahya)

Manfaat lain selain yang disebutkan di atas ternyata daging kerbau dapat mencegah hilangnya penglihatan, mencegah kanker prostat, meredakan peradangan sendi dan mengurangi risiko depresi atau stress. Meski beragam manfaat yang didapat, kebanyakan masyarakat Indonesia tidak menyukai daging kerbau. Pasalnya, daging hewan ini memiliki tekstur yang lebih keras, selain rasa olahan daging kerbau yang kurang sedap. Tetapi, jika ingin merasakan sendiri menu daging kerbau, bisa mencoba soto kudus atau pindang kudus yang terdapat di kota Kudus. 
Editor : Y.A.Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment