#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Tahap Penilaian pada Karnaval dan Kontes Ternak Sapi

DIOLUHTAN. Bone-Sulsel. Karnaval dan Kontes Ternak Sapi 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Bone telah menyelesaikan tahap penilaian ternak dan rekapannya sudah dilakukan hingga malam hari (22/3/2017). 
Penilaian dilakukan terhadap ternak sapi dengan kategori sapi pejantan dewasa hasil IB, sapi induk dewasa hasil IB, sapi calon pejantan hasil IB, sapi bali calon jantan, sapi bali calon induk, sapi calon induk hasil IB, sapi bali pejantan dewasa dan sapi bali betina dewasa
Menurut salah satu panitia seksi lomba, Mauluddin, SPt yang juga Kasi kesehatan hewan (keswan) Disnak mengatakan bahwa tahap seleksi dan penilaian dilakukan dengan mengukur lingkar dada, panjang badan, tinggi, bobot ternak dan penampilan (performan) sapi. “Selain harus tepat dalam menentukan jenis bangsa/kategori ternak sesuai kategori yang ditetapkan” ujar Kasi keswan ini.

Sedangkan untuk penilaian lomba karnaval ternak dan lomba taksir berat badan sapi dilakukan pada puncak acara yaitu Kamis, 23/3/2017 bertempat di Alun-alun terminal Petta Ponggawae, Kab. Bone. Hasil penilai kesepuluh kategori tersebut akan diumumkan pula pada hari tersebut. “Kegiatan ini diharapkan memberi dampak dalam hal meningkatkan motivasi peternak untuk memelihara ternak dan memproduksi bibit ternak yang berkualitas,” ungkap Mauluddin.
Seksi Lomba, Mauluddin, SPt (tengah) bersama tim penilai lainnya.sedang melakukan 
penilaian ternak sapi bersama tim penilai lainnya.

Salah seorang Penyuluh Pertanian, Yusran A. Yahya mengungkapkan bahwa kegiatan karnaval dan lomba ternak sapi 2017 adalah sebuah stimulan bagi peternak untuk lebih giat lagi dalam berbudidaya peternakan khususnya ternak sapi. "Dengan menumbuhkan semangat peternak untuk memacu dan memperbaiki pola pemeliharaan ternak sapinya, ini secara tidak langsung dapat mensukseskan swasembada daging Indonesia" tuturnya.
Source : Y.A.Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment