#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

PPD AKN SIDRAP Studi Banding Peternakan Di Bumi Arung Palakka

Foto bersama Mahasiswa(i) PPD AKN Sidrap, Dosen pembimbing, Penyuluh Peternakan dan 
Ketua Klp. Ternak “Berkah” Kec. Patimpeng, Kab. Bone

DIOLUHTAN. Sulsel - Sebanyak 22 mahasiswa dan mahasiswi dari PPD AKN (pendidikan diluar domisili Akademi Komunitas Negeri) binaan Politani Pangkep yang bertempat di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan melakukan kunjungan “field trip” teknologi ternak di Kabupaten Bone, Sulsel.
Ketua Klp. "Berkah" (kanan), Dosen PPD AKN, Amiruddin, SPt, MSi (tengah) dan 
Penyuluh Pertanian Dinas Peternakan Kab. Bone (kiri) 

Kunjungan mereka dimulai dengan menghadiri karnaval dan kontes ternak selama 3 (tiga) hari di Kota Watampone, Kab. Bone, dilanjutkan kunjungan ke kelompok tani-ternak “berkah” Desa Masago, Kec. Patimpeng dan kelompok tani-ternak “cendana” Desa Cenrana, Kec. Kahu, Kab. Bone.


Mereka adalah mahasiswa jurusan Diploma-2 (D2) Teknologi Ternak Sapi PPD AKN Sidrap. Didampingi oleh 3 dosen pembimbing yang dikoordinatori Dosen Teknologi Ternak, Amiruddin, SPt, MSi
Menurut Amiruddin, mengatakan bahwa kunjungan mereka adalah untuk melihat secara langsung kegiatan karnaval dan kontes ternak sapi yang meraih penghargaan Rekor MuRI, setelah itu  studi manajemen budidaya dan teknologi ternak di kelompok berkah dan cendana yang terkenal menghasilkan sapi bermutu dan terbaik.. Harapannya, agar menjadi referensi bagi mahasiswa dalam berusaha tani ternak serta mengaplikasikan ilmunya di masyarakat kelak. “Para mahasiswa melihat langsung proses dan seluk-beluk kegiatan karnaval dan kontes ternak sapi, dilanjutkan melihat manajemen perkandangan, pola pemberian pakan, manajemen kesehatan ternak, produksi ternak, manajemen HMT, Pemanfaatan feses sapi untuk pembuatan Pupuk Bokhasi dan sebagainya” ungkap Amiruddin.
Ketua Kelompok Tani "Berkah" Menerima Cinderamata

Dengan adanya kunjungan “field trip” di Kabupaten Bone yang terkenal dengan "Bumi Arung Palakka" tersebut, tentunya menjadi pengalaman menarik bagi para mahasiswa PPD AKN Sidrap agar dapat menerapkan praktik di lapangan sesuai dengan ilmu yang telah mereka peroleh di bangku sekolah.
Source : Y.A.Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment