#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Berantas Rabies pada Manusia, Disnak Layani Korban Gigitan Anjing

DIOLUHTAN. Sulsel - Rabies adalah penyakit menular yang akut dari susunan syaraf pusat yang dapat menyerang hewan dan manusia yang disebabkan oleh virus rabies. Mengingat keganasan rabies terhadap kesehatan dan ketentraman hidup masyarakat, maka perlu kesadaran masyarakat atas bahaya gigitan anjing.
Kembali terjadi kasus gigitan anjing, kali ini menimpa ibu Syamsiah (55) warga desa Cani Sidenreng, Kec. Ulaweng, Kabupaten Bone, Sulsel. Didampingi oleh petugas kesehatan Kec. Ulaweng, Kab.Bone melaporkan kasus gigitan anjing tersebut ke Dinas Peternakan Kab. Bone, Sulsel melalui bidang Keswan dan Kesmavet. (Senin, 27/03/2017)
Kabid Keswan dan Kesmavet Disnak, Ir. Mawardi melayani Korban Gigitan Anjing
Atas laporan tersebut dan demi keselamatan jiwa korban, Disnak memberikan surat rekomendasi kepada korban gigitan untuk segera mendapatkan pengobatan/pencegahan terhadap penyakit akibat gigitan tersebut ke Dinas Kesehatan/Rumah sakit umum terdekat.
Menurut Kabid Keswan dan Kesmavet Disnak Kab. Bone, Ir. Mawardi mengatakan bahwa berdasarkan keterangan korban, anjing liar  yang menggigit tersebut sudah lari dan hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan observasi. “Dengan mempertimbangkan epidemiologis penyebaran penyakit rabies di Kab. Bone, maka disimpulkan anjing tersebut dinyatakan positif (+) rabies” papar Mawardi.
Untuk itu Disnak Kab. Bone tak henti-hentinya menghimbau akan kewaspadaan penyakit rabies, hewan seperti anjing, kucing dan kera yang menderita rabies akan menjadi ganas dan biasanya cenderung menyerang atau menggigit manusia. “segera laporkan jika ada korban kasus gigitan anjing ke Dinas Peternakan” harapnya. 
Source : Y.A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment