#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Geliat Cabe di Lereng Perbukitan Bontocani-Sulsel

DIOLUHTAN. Sulsel. Budidaya Cabe saat ini dikembangkan di Balireng, Dusun Taring Tellue, Desa Mattirowalie, Kec. Bontocani, Kab. Bone, Prov. Sulawesi Selatan. Terdapat lahan seluas 3 hektar yang khusus ditanami cabe. Lahan ini adalah milik para petani Dusun Taring Tellue yang tergabung dalam kelompok tani Hulo-huloe, kelompok tani Balireng  dan kelompok tani Danrameng.
Fatahuddin (kanan) bersama Anggota Klp. Balireng di lahan Cabe seluas 3 Hektar.

Fatahuddin, salah satu petani cabe yang juga ketua klp. Balireng menerangkan, budidaya ini membutuhkan keuletan dan kesabaran. Karena harus rutin dilakukan perawatan mulai pembibitan hingga panen.

Fatahuddin bersama Penyuluh Pertanian, Yusran A. Yahya (kanan)

Beliau mengaku tertarik dalam budidaya cabe ini. Cabe besar yang ia tanam dilokasi ini sebanyak 6000 pohon, selain itu ia juga menanam jenis cabe rawit sebanyak 1000 pohon. “Harapan saya agar para petani giat melakukan pembudidayaan tanaman cabe, minimal memanfaatkan pekarangan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi serta juga kebutuhan lokal akan komoditi cabe bisa terpenuhi.” sambung Fatahuddin di lahan cabe yang terletak dekat dengan Kabupaten Maros.

Penyuluh memperlihatkan perluasan lahan cabe di lereng perbukitan

Yusran A. Yahya yang juga penyuluh di desa tersebut mengatakan, dengan membudidayakan tanaman cabe secara baik dan benar dipastikan akan dapat meningkatkan perekonomian petani. Saat ini cabe sangat laris di pasaran karena memiliki potensi harga jual yang menjanjikan. ”Karena itu petani lokal diharapkan terus menggalakkan dan mengembangkan penanaman cabe guna meningkatkan kesejahteraan” ujarnya. 
Lebih lanjut Yusran berujar, dengan meningkatnya tanaman hortikultura itu diharapkan nantinya diperoleh produksi yang dapat mencukupi kebutuhan di pasar-pasar tradisional serta meningkatkan kesejahteraan petani di Kec. Bontocani. 
Source : Yoush AY

Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment