Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Survey Kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis dalam Penerapan Kebijakan Kantong Plastik Berbayar

DIOLUHTAN. Jakarta - Kementerian LHK telah melakukan ujicoba penerapan kebijakan Kantong Plastik Berbayar. Ujicoba ini mulai diberlakukan di ritel modern anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO). Ada 22 kota yang siap menerapkan kebijakan tersebut, yaitu: Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, DKI Jakarta, Bandung, Tangerang, Bekasi, Depok, Bogor, Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Denpasar, Kendari, Ambon, Jayapura, dan Papua.
Program kebijakan kantong plastik berbayar bisa menjadi langkah kongkret pemerintah dalam mengurangi timbulan sampah kantong plastik, kata Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Beracun Berbahaya, Tuti Hendrawati Mintarsih dalam dialog Selamatkan Bumi dari Plastik di ruang Sonokeling, Kementerian LHK, beberapa waktu lalu di Jl Gatot Subroto, Jakarta. Tuti juga menambahkan bahwa berdasarkan survey yang dibuat oleh Kementerian LHK didapatkan persepsi publik tentang penerapan kebijakan kantong plastik berbayar yang disetujui oleh mayoritas (87,2%) responden yang sejak tanggal 5 Februari 2016 hingga hari ini sudah diikuti oleh 7.974 orang responden.
Oleh karena itu pengurangan timbulan sampah plastik dengan kebijakan kantong plastik berbayar optimis dapat diterapkan serta disetujui oleh masyarakat. Hal ini juga sebagai salah satu jawaban atas instruksi Presiden Jokowi agar penanganan sampah nasional harus segera dituntaskan.
Fakta tentang sampah nasional sudah cukup meresahkan, yaitu bahwa Indonesia adalah peringkat kedua di dunia penghasil sampah plastik ke Laut setelah Tiongkok. Selain itu juga sampah plastik hasil dari 100 toko/gerai anggota APRINDO selama 1 tahun akan menghasilkan 10,95 juta lembar sampah kantong plastik yang berarti sama dengan luasan 65,7 Ha kantong plastik atau sekitar 60 kali luas lapangan sepakbola.
Kebijakan pengenaan Kantong Plastik Berbayar ini juga sejalan dengan amanat UU No.18 Tahun 2008 terutama pada pasal 19 dan 20. Kebijakan kantong plastik berbayar juga dimaksudkan untuk mendorong perilaku masyarakat agar lebih bijak dalam penggunaan kantong plastik. Selain itu jika dikelola dengan baik maka sampah dapat menjadi barang berharga, karena sampah dapat diubah menjadi hal-hal yang berguna bagi kehidupan seperti: energi, listrik, pupuk kimia, serta manfaat ekonomi lainnya.
Survey Kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis
Dalam rangka memperkuat muatan teknis Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Belanja Plastik Sekali Pakai, maka perlu dilakukan survey terhadap masyarakat, untuk hal tersebut mohon bantuan khalayak dengan mengklik survey tersebut Disini, terimakasih atas bantuannya.
(Penanggung jawab Berita: (1) Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Tuti Hendrawati Mintarsih, Telp. (021)85905637; (2) Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK, Novrizal, HP.081843238)
Sumber :  http://www.menlhk.go.id/
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment