Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Panjangnya Rantai Pasokan, Memicu Tingginya Harga Pangan

Hingga saat ini ada 14 komoditas pangan yang akan diatur dalam kesepakatan sinergi Kementan dan Kemendag.
Suasana di pasar tradisional Klender, Jakarta           (foto :jitunews/Rezaldy)

DIOLUHTAN. JakartaKepala Pusat Data dan Informasi Kementan, Suwandi, menyampaikan, Kementan dan Kemendag telah menyepakati berbagai upaya nyata untuk mengendalikan harga pangan strategis. Salah satunya adalah dengan bersepakat untuk memperpendek rantai pasok pangan dari daerah sentra produksi ke konsumen. "Caranya yaitu dengan mengoptimalkan peran Bulog untuk menyerap langsung semua komoditas pangan yang ada di petani," demikian kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan, Suwandi dalam keterangan tertulisnya yang dilansir jitunews.com, Agustus lalu.
Untuk itu, Suwandi menambahkan, Kementan dan Kemendag saat ini tengah menggodok harga beli gabah di tingkat petani dan harga jual beras ke konsumen oleh Bulog. "Petani dan pedagang harus sama-sama mendapatkan keuntungan, sehingga tidak terjadi disparitas harga dan anomali pasar yang menyebabkan harga pangan melonjak saat produksi melimpah," demikian katanya.
Suasana Pasar Lajoa, Kab. Soppeng  (foto : yoush) 
Hingga saat ini, ada 14 komoditas pangan yang akan diatur dalam kesepakatan sinergi Kementan dan Kemendag yaitu beras, kedelai, cabai, bawang merah, gula, minyak goreng, tepung terigu, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, serta ikan segar khususnya bandeng, ikan kembung, dan tongkol/tuna/cakalang.
Namun saat ini baru empat komoditas yang secara langsung telah ditetapkan dengan aturan yang disepakati yakni beras, gula, bawang merah, dan daging sapi.
Sumber : www.jitunews.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment