Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Minuman Ballo' akan dikemas menjadi Minuman Kemasan Kaleng

DIOLUHTAN. Jeneponto – Ballo' (tuak) yang merupakan minuman khas masyarakat Jeneponto, rencananya akan menjadi minuman kemasan kaleng, dan dijual bebas.
Hal tersebut di ungkapkan anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Hanura, Mukhtar Tompo, saat memberi sambutan dalam acara Diseminasi Hasil-hasil Penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) , di Aula Kantor Dinas Pertanian Jeneponto, Kecamatan Binamu, Kamis 29 September 2016. “Saya gandeng LIPI ke Jeneponto, untuk meneliti ballo, sehingga bisa dijadikan sebagai minuman kemasan kaleng, seperti yang dijual dipasaran,” ujarnya.
Ballo yang diolah dari pohon lontara, terdiri atas dua jenis minuman, yaitu ballo manis dan ballo kecut (memabukkan). Selain dijadikan minuman, juga merupakan bahan pokok untuk pengolahan gula merah.
Deputi Bidang Ilmiah LIPI, Prof. DR. Bambang Subianto, akan berusaha mengembangkan potensi yang ada di Jeneponto, diantaranya menjadikan ballo sebagai minuman kemasan. “Kami akan meneliti ballo, sehingga diketahui bagaimana caranya dapat bertahan dalam kemasan, juga bisa dipasarkan dan diberi label halal,” ujar Deputi LIPI Bambang Subianto.
Dalan acara yang dihadiri Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, SKPD dan penyuluh pertanian, Meriati. Pertemuan tersebut juga membicarakan konro kuda, garam, bawang merah, pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB).
Sumber : http://makassarterkini.com/ballo-akan-dikemas-menjadi-minuman-kemasan-kaleng/
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment