#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Kementan Siap Sukseskan Regenerasi Pertanian Melalui Sektor Pelatihan Pertanian

DIOLUHTAN. Kalsel - Penyiapan regenerasi pertanian saat ini dan kedepannya menjadi sangat penting untuk menjamin keberlanjutan pembangunan pertanian. Untuk itu Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya mensukseskan program regenerasi pertanian salah satunya dari sektor Pelatihan Pertanian.
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Ir. Pending Dadih Permana, M.Ec, Dev pada acara pembukaan kegiatan Pertemuan Kelembagaan dan Ketenagaan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pelatihan Pertanian, beberapa waktu lalu di Binuang, Kalsel mengatakan bahwa setiap UPT Pelatihan Pertanian harus memiliki visi kearah regenerasi pertanian. “Kami berharap masing-masing Widyaiswara yang ada tidak hanya fokus pada kegiatan, pengajaran dan juga melakukan upaya-upaya kaji widya karena semua kita arahkan kepada peningkatan kapasitas kelembagaan dengan visi bagaimana kita menggerakan dan mengawal proses regenerasi pertanian, sehingga peran kelembagaan pelatihan pertanian menjadi strategis dan bersinergi dalam gerakan pertanian terpadu melalui penyuluhan, pelatihan dan pendidikan” ujarnya.
Kepala BPPSDMP mengatakan ini adalah rapat koordinasi dan evaluasi penyelenggaraan pelatihan khususnya terkait dengan ketenagaan dan kelembangaan dari UPT pelatihan pertanian. Setiap UPT pelatihan pertanian memiliki aset, kemampuan dan tugas untuk mengawal proses pembangunan pertanian khususnya dalam rangka mengawal program pertanian terpadu melalui penyuluhan, pelatihan dan pendidikan.
Dalam kesempatan ini sebelum membuka kegiatan Pertemuan Kelembagaan dan Ketenagaan UPT Pelatihan Pertanian. Kepala BPPSDMP berkesempatan meninjau lahan inkubator agribisnis dan melihat sarana dan prasarana BBPP Binuang setelah itu dilanjutkan dengan penanaman secara resmi tanaman kakao di kebun BBPP Binuang. Kepala BPPSDMP berpesan BBPP Binuang harus berupaya lebih keras lagi dan bersinergi bersama pihak-pihak terkait untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya optimalisasi kapasitas Balai dengan kolaborasi antara Bidang Penyelenggara Pelatihan dengan Widyaiswara sesuai dengan koordinasi Kepala Balai. Dan juga memberikan motivasi dan semangat bahwa BBPP Binuang pasti bisa menjawab tantangan dunia pertanian di Indonesia yang semakin berkembang.
Kegiatan Pertemuan Kelembagaan dan Ketenagaan UPT Pelatihan Pertanian dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Kalsel pada tanggal 17 sampai 19 Oktober 2016 dihadiri oleh para Kepala UPT dan Koordinator Widyaiswara dari PPMKP Ciawi, BBPP Lembang, BBPKH Cinagara, BBPP Ketindan, BBPP Batu, BBPP Batangkalu, BBPP Binuang, BBPP Kupang, BPP Jambi, BPP Lampung serta Pejabat maupun Staf Pusat Pelatihan Pertanian. Kegiatan ini bertujuan agar terlaksananya sosialisasi sinkronisasi dan konsolidasi pengembangan kelembagaan (akreditasi) dan ketenagaan pelatihan (spesialisasi Widyaiswara).
Editor  : Y.A. Yahya
Sumber foto dan news : www.nusakini.com
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment