Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Tips Supaya Terhindar dari Intaian Penyakit Setelah Lebaran

(Foto: Ist)


DIOLUHTAN-suluhtani. Agar terhindar dari sejumlah penyakit yang kerap mengintai usai lebaran, seperti diare, obesitas, serta penyakit kronis seperti kencing manis, pakar kesehatan dari Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FK-UI), Ari Fahrial Syam memberikan 8 tips sehat yang dapat kita lakukan.
Dikutip dari Health-Liputan6.com, Ari F. Syam mengungkapkan bahwa dengan mengetahui penyakit apa saja yang kadang timbul setelah lebaran, dan melaksanakan tips yang dianjurkan, kita dapat terhindari penyakit tersebut.
Berikut tips yang dianjurkan oleh pakar kesehatan dari Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FK-UI) ini :
1. Perhatikan kualitas makanan dan minuman yang akan disantap.
2. Perhatikan jumlah kalori dari makanan dan minuman tersebut. Ingat, camilan sekecil apa pun kalau rasanya manis pasti mengandung kalori.
3. Usahakan hanya mengonsumsi 1 macam lauk saja. Jika merasa camilan (kue lebaran) dikonsumsi lebih banyak, kurangilah nasi saat makan besar.
4. Hindari camilan yang mengandung cokelat, keju, dan lemak. Lemak memiliki kalori 2 kali lebih besar dari karbohidrat.
5. Banyak minum lebih dari 2 liter per hari.
6. Banyak mengonsumsi buah dan sayuran-sayuran. Usahakan konsumsi 5 porsi saat makan pagi, siang, malam, dan di sela-sela makanan tersebut.
7. Tetap melakukan aktivitas fisik dan bergerak. Jika bersilahturahmi bisa dijangkau dengan berjalan, usahakan lakukan dengan berjalan.
8. Usahakan tidur minimal 8 jam.
Demikianlah tips dari Dioluhtan, semoga bermanfaat.
Sumber : Health-Liputan6.com

Editor : Y.A.Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment