#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Penyuluh Lakukan Verifikasi Kelembagaan Petani

DIOLUHTAN-Bontocani. Balai penyuluhan kecamatan (BPK) Bontocani sebagai salah satu wadah  dan sarana bagi petani dan kelompok tani wilayah Bontocani di dalam mengakses informasi dan teknologi.
Salah satunya dengan melakukan identifikasi potensi wilayah dan verifikasi pengurus kelembagaan petani dari masing-masing kelompok di Desa wilayah binaan. Dengan hal ini, maka akan diperoleh suatu hasil gambaran keaktifan kelompok, status kepengurusan dan sumber daya manusia, ekonomi, dan sosial yang ada pada kelompok tersebut.

Saat melakukan verifikasi pengurus kelembagaan petani, Penyuluh Desa Bana, Yusran A. Yahya menjelaskan kepada ketua-ketua kelompok tani, tokoh masyarakat serta aparat desa bahwa verifikasi kepengurusan kelompok tani ini, selain untuk validasi data kelompok untuk di tuangkan dalam SK Bupati Tahun 2015 juga untuk mendorong keaktifan roda organisasi,  peningkatan kelas kemampuan kelompok serta peningkatan SDM petani dalam berlembaga.

Marzuki, Ketua Gapoktan “Taro Ada” Desa Bana, sangat mengapresiasi dan memahami verifikasi yang dilakukan penyuluh “Masyarakat petani bisa lebih aktif dalam organisasi kelembagaan petani, mengetahui pula sistem administrasi kelompok dan pengetahuan petani bisa bertambah “ ujarnya bersama PPL dalam verifikasi kelembagaan petani (yoush)
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment