#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

4 (empat) Hal Yang Bisa Membuat Penyuluh dan Petani menjadi Orang Cerdas

Meskipun cerdas itu sebenarnya sudah berupa anugerah semenjak kita dilahirkan, namun pada dasarnya kecerdasan atau daya jangkau pemikiran seseorang itu bisa dikembangkan melalui berbagai macam cara. Bahkan, potensi kecerdasan seseorang juga dapat meredup ketika dalam kesehariannya hanya dipenuhi dengan hal-hal yang negatif.

Otak manusia membutuhkan pengasahan agar bisa berkembang secara maksimal. Sama seperti daya tahan tubuh manusia, meskipun notabene yang bersangkutan memiliki daya tahan tubuh yang kuat namun disisi lain tidak dilakukan upaya penyetabilan kekuatan tersebut, maka lambat-laun daya tahan tubuhnya akan melemah.
Berikut ini adalah 4 hal yang bisa menjadikan manusia lebih cerdas dengan melalui tahapan demi tahapan yang mana ia saling berkesinambungan antara satu sama lain.
1. Membaca
Membaca adalah sumber pengetahuan. Semakin banyak membaca, maka secara otomatis semakin banyak ilmu dan wawasan yang didapat.
2. Berpikir
Berpikir adalah refleksi dari apa yang Anda baca dari suatu buku. Lazimnya seseorang akan merenungkan apa yang dia baca pada buku tersebut sehingga terjadilah sebuah pemencahan permasalahan sesuai dengan konteks kondisi kehidupannya.
3. Bertindak
Karena sudah didasari dengan bekal wawasan dan pemikiran, maka manusia akan bertindak sesuai dengan apa yang dicernanya. Tindakan-tindakan tersebut tentunya akan mengarah ke hal-hal yang membangun sesuai dengan pengetahuan/pemahaman yang mendidik.
4. Evaluasi

Saatnya untuk menganalisa apa yang berhasil dituangkan usai Anda memiliki bekal pengetahuan, berpikir dan bertindak sesuai dengan wawasan Anda. Logikanya Anda akan menghindari kesalahan berulang setelah Anda menyadari bahwa satu atau beberapa dari tindakan yang Anda lakukan merupakan sebuah kesalahan.
Dari berbagai sumber
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment