Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Siap Tanam Padi, Bersiap Pula Atasi Hama Dan Penyakit Padi

Musim hujan telah mengguyur sebagian wilayah Indonesia. Meski terbilang mundur dibandingkan kebiasaan-kebiasaan sebelumnya, Keberhasilan tanam pada musim hujan akan menjadi penentu peningkatan produksi padi nasional. Apalagi pemerintah telah mencanangkan swasembada pangan pada tahun 2017. Tahun 2015, pemerintah telah menargetkan produksi padi sebanyak 73,40 juta ton gabah kering giling (GKG).
Untuk mencapai produksi tersebut memang tidak mudah. Banyak persoalan yang masih menyelimuti petani. Salah satunya adalah gangguan organisme pengganggu tumbuhan (OPT). Hama yang kerap menyerang tanaman padi petani adalah wereng.
Untuk mengetahui serangan hama tersebut, petani bisa menandai dengan terlihatnya tanaman padi yang tampak mengering dengan cepat (seperti terbakar) disertai daun yang menguning. Terlihat bentuk menyerupai lingkaran yang menunjukkan pola penyebaran, dimulai dari satu titik kemudian menyebar ke segala arah. Ketika diamati, tepat di pangkal batang terdapat serangga coklat bersayap berukuran panjang 2,0 – 4,4 mm.
Jika melihat tanda-tanda tersebut dapat dipastikan bahwa tanaman padi sudah terserang hama wereng. Ada beberapa jenis hama tersebut yakni, wereng coklat (Nilaparvata lugens), wereng hijau (Nephotettix virescens), wereng punggung putih (Sogatella furcifera Horvarth) dan wereng loreng (Recilia dorsalis).
Semuanya berpotensi mempunyai dampak serangan membahayakan. Namun sampai kini yang dominan membuat kejadian luar biasa di dunia pertanian adalah wereng coklat. Baik skala nasional maupun internasional (kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, sebagian Asia Tengah).
Dengan menghisap cairan sel (dalam jaringan pengangkut) tanaman padi, wereng dapat menimbulkan kerusakan ringan sampai berat. Bahkan pada hampir semua fase tumbuh sejak fase bibit, anakan, sampai fase masak susu (pengisian), sehingga bisa berakibat puso (gagal panen).
Tidak hanya itu, serangga tersebut juga membawa tiga virus padi yang berbahaya yaitu penyakit virus kerdil hampa (VKH) dan virus kerdil rumput tipe 1 (VKRT-1) dan virus kerdil rumput tipe 2 (VKRT- 2). Sebagai vektor, wereng juga berpotensi menyebarkan penyakit Rice Black Streak Dwarf Virus (RBSDV) dan Southern Black Streak Dwarf Virus/ SBSDV (RBSDV-2), yang biasanya menyerang tanaman suku rumput-rumputan (famili : Poaceae), seperti padi dan jagung.
Mengenal Siklus Hidup
Untuk mengenal hama tersebut, perlu juga diketahui bagaimana siklus hidupnya. Serangga dewasa mempunyai dua bentuk yakni bersayap panjang/sayap belakang normal (makroptera) dan bersayap pendek/sayap belakang tidak normal (brakhiptera).
Siklus hidupnya dari telur sampai dewasa sekitar 50 hari. Berkembang biak melalui cara seksual. Betina dewasa akan bertelur, brakhiptera mengalami masa peneluran 3-4 hari, sedangkan makroptera 3-8 hari.
Selama hidupnya seekor wereng betina mampu bertelur berjumlah 270-902 butir, terdiri dari 76-142 kelompok. Telur diletakkan berkelompok (1 kelompok 3-21 butir) di pangkal pelepah daun, atau pada ujung pelepah daun dan tulang daun bila populasinya tinggi. Telur menetas 7-11 hari dengan rata-rata 9 hari, disebut serangga muda (nimfa). Selanjutnya selama ± 15 hari nimfa akan berganti kulit (instar), kemudian menjadi serangga dewasa (imago) yang berumur antara 18-28 hari.
Pada umumnya wereng coklat berkembangbiak pada musim penghujan dengan kelembaban tinggi (70-80%). Faktor lain seperti intensitas cahaya matahari rendah (suhu siang hari optimum 280C-300C), tanaman rimbun, lahan basah, angin lemah, pemupukan N yang terlalu tinggi, akan mempercepat peningkatan populasinya.
Dari hasil penelitian, kerusakan tanaman yang ditimbulkan oleh serangan 4 ekor/ batang selama 30 hari. Tanaman padi yang terserang dapat menurunkan hasil sebesar 77% (periode anakan), 37% (saat padi bunting) dan 28% (masa pemasakan buah).
Dampak serangan yang sangat besar tersebut membuat wereng coklat menjadi serangga kecil yang mempunyai daya ancam besar, terutama bagi peningkatan produksi padi.
Sumber : www.tabloidsinartani/Sandis W. P (BPTP Kalimantan Tengah) dan Yul


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment