#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Peran Penting Kulit Pada Sapi

DIOLUHTAN. Kulit dan bagian-bagiannya seperti : rambut, kelenjar keringat, warna kulit dan rambut mempunyai peran penting untuk melindungi kulit dari berbagai macam sumber infeksi, menjaga panas tubuh, dan lain-lain.
Para peneliti dari Balai Penelitian dan Pengembangan Ternak, Ciawi Bogor telah melakukan penelitian tentang kulit pada sapi dan kerbau di Indonesia. 
Berikut ini adalah beberapa informasi yang berkaitan dengan kulit pada sapi begitu juga kerbau di Indonesia , yaitu (1) Ukuran Panjang Rambut, Ukuran rambut terpanjang ada pada sapi Grati (peranakan/turunan sapi FH); (2) Diameter Rambut, Terbesar ada pada sapi Ongole. Terkecil pada sapi Grati; (3) Ketebalan Kulit, Kulit kerbau lebih tebal dari kulit sapi yaitu 6,3 (invivo) dan 7,9 (slide), sedangkan tebal kulit sapi 3,2 (invivo) dan 4,0 (slide); (4) Kelenjar Keringat, Sapi Ongole menduduki peringkat jumlah kelenjar keringat tertinggi yaitu 2327, sedangkan sapi Grati 1990. Sedangkan kerbau mempunyai jumlah kelenjar keringat paling sedikit (95); dan (5) Kemiringan Akar Rambut, Lebih kecil pada kerbau (44 derajat) dibanding sapi (53 derajat).
Kedalaman kelenjar keringat, rambut dan panjang akar rambut pada sapi dan kerbau mempunyai urutan yang serupa sesuai ketebalan kulit.  Banyaknya kelenjar keringat per sentimeter persegi, panjang rambut dan ketebalan kulit ini mempunyai hubungan erat terhadap “ketahanan panas“. Oleh sebab itu, kerbau memang  lebih tidak tahan panas dibanding kan dengan sapi. Meskipun demikian kerbau mempunyai kemampuan adaptasi tertentu untuk menghadapi panas, salah satunya adalah dengan cara berendam di dalam air.
Untuk jenis Sapi, ketahanan panas tinggi ada pada sapi Ongole, paling rendah adalah pada sapi Grati. Sapi Grati adalah turunan dari sapi Bos taurus yang memang berasal dari  daerah dingin.

Sumber : triakoso.blog.unair.ac.id dan strangebreedcartoons.com
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment