#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Peternak Sesalkan Rencana Dahlan Iskan Beli Lahan Peternakan Sapi Di Australia

Peternak lokal di Kabupaten Bandung menyesalkan rencana pembelian 1 juta hektare lahan peternakan sapi di Australia oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.Mereka menilai rencana pembelian lahan tersebut tidak pro kepada kepentingan dalam negeri.


Salah seorang pengusaha peternakan sapi lokal di Banjaran Kabupaten Bandung, Onyas Ruganda menilai, rencana tersebut sangat tidak pro kepada kepentingan nasional. Karena sebenarnya, usaha sejenis dapat di lakukan di dalam negeri. Tidak harus membeli lahan peternakan di luar negeri.

"Kalau di dalam negeri kan bisa membuka lapangan kerja baru buat masyarakat. Selain itu, apa di Indonesia ini sudah tidak ada lahan. Kan banyak lahan tidur milik negara yang tidak produktif, atau di lahan-lahan yang selama ini dikuasai BUMN seperti Perhutani dan PTPN banyak yang nganggur, itu bisa dipakai," kata Onyas Ruganda saat diwawancarai pada Minggu (15/9/2013).
Onyas juga berpendapat, dengan mendatangkan sapi anakan dari Australia ke Indonesia, harganya belum tentu lebih murah. Lantaran tetap harus melalui prosedur dan biaya pajak. Belum lagi biaya pemeliharaan dan operasional peternakan di Australia pastinya lebih mahal ketimbang di dalam negeri.

"Lebih baik beli saja sapi anakan dari peternak disana, yang usianya antara 1-2 tahun. Lalu dibesarkan disini, pasti lebih murah. Dan kalau ada niat untuk membantu peternak lokal serta ingin mencapai swasembada dagaing berikan saja subsidi kepada kami tidak perlu membuat peternakan di sana," ujarnya.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/250784
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment