#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Lonjakan Harga Sapi Kurban Tahun Ini Cukup Dahsyat Dibanding Tahun 2012 Lalu

Kendati Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah masih sebulan lagi, harga sapi kurban di wilayah eks karesidenan Surakarta telah menembus Rp14 juta per ekor. Padahal, dua-tiga bulan sebelumnya masih berkisar Rp11 juta-Rp12 juta per ekor.
"Harga sapi kurban sekarang ini naiknya memang melonjak tajam. Bila tahun 2012 lalu pada jelang Hari Raya Kurban berkisar Rp8 juta hingga Rp10,5 juta sudah dapat seekor untuk ukuran sedang, kini ukuran sedang sudah Rp14 juta," ungkap Jono, salah seorang pedagang sapi, kepada Okezone, saat memasok daging sapi di Pasar Kadipolo, Solo, Jawa Tengah, Senin (16/9/2013). Jono mengakui lonjakan harga sapi kali ini memang cukup dahsyat dibanding tahun-tahun lalu. Bila dibanding beberapa tahun sebelumnya, kalaupun ada kenaikan hanya berkisar Rp1 juta-Rp1,5 juta per ekor untuk ukuran sedang.

Tetapi lain halnya di 2013, dibanding pada 2012 lonjakan harganya sekira Rp4 juta per ekor.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya kenaikan harga masih wajar, lantaran menghadapi Hari Raya Kurban memang biasa naik. Lain halnya tahun 2013 ini, selain memang menghadapi Hari Raya Kurban naik, tetapi kenaikannya cukup tinggi sekali. Padahal permintaan sebetulnya tidak begitu terlalu jauh berbeda," jelasnya.

Bahkan, Utik, seorang pedagang sapi lainnya, mengaku bahwa makin mendekati Hari Raya Kurban sudah bisa dipastikan harganya berada di atas Rp14,5 juta per ekor. Itu baru harga yang ada di daerah Surakarta.

"Bisa jadi harga di daerah Bandung atau Jakarta atau kota besar lainnya juga bakal berada di atas harga tersebut," ujar Utik, warga Jakarta Timur yang memiliki peternakan sapi di kawasan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2013/09/16/320/866686/harga-sapi-kurban-tembus-rp14-juta-ekor
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment