#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pangan Adalah Hak Asasi yang Jelas Harus Dipenuhi



Sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan, kebijakan pangan yang dikeluarkan harus sesuai dengan ruang lingkup pengaturan pangan yang terdiri dari perencanaan pangan, ketersediaan pangan, keterjangkauan pangan, konsumsi pangan dan gizi, keamanan pangan, label dan iklan pangan, pengawasan, sistem informasi pangan, penelitian dan pengembangan pangan, kelembagaan pangan, peran serta masyarakat dan penyidikan mengenai kasus-kasus pelanggaran pangan.
"Dalam pelaksanaannya, Komisi IV memberikan arahan kebijakan kepada pemerintah untuk mengembangkan Produksi Pangan yang bertumpu pada sumber daya, kelembagaan, dan budaya lokal seperti mengembangkan efisiensi sistem usaha Pangan yakni mengembangkan sarana, prasarana, dan teknologi untuk produksi, penanganan pascapanen, pengolahan, dan penyimpanan Pangan dengan membangun, merehabilitasi, dan mengembangkan prasarana Produksi Pangan dengan mempertahankan dan mengembangkan lahan produktif dan membangun kawasan sentra Produksi Pangan," jelas Ketua Komisi IV DPR RI Romahurmuziy.

Dia mengatakan jika mengacu pada UU No 18 tahun 2012 Tentang Pangan, kasus kelaparan maupun malgizi harusnya tidak boleh terjadi, karena pangan merupakan hak azasi yang harus dipenuhi.
"UU Pangan telah mengamanatkan dengan jelas dan gamblang terutama mengenai ketersediaan dan keterjangkauan pangan. Pasal 13 dalam UU Pangan menjelaskan bahwa Pemerintah berkewajiban mengelola pasokan dan harga pangan pokok, mengelola cadangan pangan pokok pemerintah, dan distribusi pangan pokok untuk mewujudkan kecukupan pangan pokok yang aman dan bergizi bagi masyarakat," pungkasnya. [*]
Sumber : PESATNEWS.COM
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment