Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Mencegah Parasit (kutu) pada Ternak Ayam

DIOLUHTAN-Keswan. Termasuk dalam golongan penyakit parasit. Dapat menyerang ayam pada semua umur. Penyebabnya bermacam macam, kutu dengan mengigit dam memamah kulit, bulu atau yang lain, menghisap darah dan getah bening lymph.
Gejalanya adalah pada infeksi yang berat berakibat turunnya produksi, lesu dan kurang darah.
Pencegahan ,kandang wajib bersih, bebas dari tempat yang gelap dan bebas dari bagian kandang yang sulit untuk di bersihkan.
Pengobatan, dengan Nicotin Sulfa mengecat tempat bertengger dan mengoles bulu. Penyemprotan dengan Malation 4-5% pada kandang dan 0,5% pada ayam.
Pada kutu (parasit) yang menyerang sisik-sisik kaki lakukan dengan merendam kaki ayam pada air hangat kemudian masukan dalam minyak tanah atau Lindane 0,5-1%

Ramuan herbal tradisional :
  • Daun tembakau,
  • Serai/sere
  • Laos
  • Daun sirih
  • Brotowali (tampa’ lorong : Bugis)
Masing masing 0,5 kg kecuali daun tembakau 2 kg, rebus dengan air 15-20 liter hingga mendidih, dinginkan lalu buat semprot dinding kandang ,lantai, tempat angreman, tempat pakan minum, dan kaki kaki kandang termasuk kandangnya, kotoran dan ayamnya sekaligus, di semprot 2 hari berturut turut pagi sore, berhenti 5 hari lalu semprot lagi.
(Y.A.Y)
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment