#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Tanda-tanda Ayam Kampung Sehat dilihat dari Gejala Teknis pada Ayam

Salam Bahagia kepada para peternak Ayam Buras, kami Diorama Penyuluhan Pertanian, kembali kami akan mengulas kembali mengenai tanda-tanda Ayam kampung yang sehat, kemarin kami telah mengulas tentang tanda-tanda ayam kampung yang sehat dilihat dari segi fisik dan tanda-tanda ayam kampung yg sehat dilihat dari segi Psikis. Ayam sehat dapat pula diketahui dengan ciri-ciri atau gejala-gejala teknis, yaitu :

a. Berak
Tanda ayam yang sehat adalah berak yang kering, menggumpal dan berwarna hitam, kecoklatan. Sementara ayam yang kurang sehat bisa berwarna hijau, kuning, ataupun putih dan berair atau mencret. Untuk gejala seperti ini mungkin ayam terkena penyakit berak kapur.
b. Makanan
Ayam yang sehat akan memilih jenis makanan yang lebih besar dibanding jenis makanan yang lebih lembut. Jadi sudah dipastikan bahwa ayam yang kurang sehat akan makan yang tepung. Atau jika ayam memilih makanan butiran besar dan tidak sekali telan maka ayam tersebut kurang sehat. Bila ayam mencakar-cakar pakan tanpa memakan sedang perut masih kosong, maka ayam tersebut tidak sehat.
Itulah sedikit pengalaman kami mengenai tanda ayam sehat untuk dijadikan pedoman pemeliharaan khususnya untuk kami sendiri ke depannya. 
Salam sukses , semoga bermanfaat!!!! 
(Y.A.Yahya dari berbagai sumber)
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment