#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Permasalahan yang dihadapi dalam beternak itik

Inilah rangkuman kisah yang dirasakan para penyuluh peternakan di wilayah binaannya masing-masing, mengenai seabrek masalah-masalah yang dihadapi peternak dalam beternak bebek/itik....
berikut ulasannya kepada admin Diorama Penyuluhan Pertanian.........


1. Pemeliharaan masih tradisional
Pemeliharaan secara tradisional memerlukan lahan yang luas, itik yang diumbar (diangon) berpotensi mengganggu tanaman pertanian yang baru ditanam, membutuhkan tenaga kerja untuk pengembalaan, serta tingginya risiko itik terkontaminasi pestisida.
2. Sulitnya mencari bibit unggul
Pemilihan bibit yang unggul akan menghasilkan telurl yang baik dalam jumlah yang banyak. Dengan itik pejantan yang unggul satu ekor itik betina dapat bertelur antara 250 sampai 300 butir telur per tahun3. pengetahuan peternak masih rendah.
Masih rendahnya pengetahuan peternak, sehingga mereka hanya mengenal pemeliharaan itik menggunakan cara tradisional
4. Mahalnya biaya pakan.
Bahan pakan untuk itik sangat sangat tergantung musim, ditambah dengan pemberian pakan kepada itik yang harus intensif sehingga biaya untuk pakan itik cukup mahal
5. Penyakit.
Penyakit itik pada dasarnya terbagi dua yaitu : Penyakit tidak menular dan Penyakit menular (silahkan klik), dan untuk tambahan, silahkan klik penyakit bebek tidak serumit penyakit ayam.
Semoga Bermanfaat.....




 
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment