#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Madu bermanfaat sebagai obat

Lebah madu adalah suatu makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki keistimewan. Di antara banyaknya binatang yang diciptakan, lebah diberi keistimewaan tersendiri, terutama madunya untuk obat.(baca beberapa manfaat Madu)

Ilmu pengetahuan modern memahami bahwa dari perut lebah paling kurang terdapat 13 macam produk yang dewasa ini telah dianalisis komposisi biokimianya. Ada pelbagai macam kandungan yang berkaitan dengan kesehatan dan kecantikan.
Prof Ir HA Mappatoba Sila, PhD mengungkapkan, dari 13 macam produk apabila dikombinasi dan dihitung dengan rumus faktorial, maka dapat diperoleh sebanyak 8.164 formula. Tidak salah jika lebah madu diklaim punya seribu manfaat.
"Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa kandungan gula monosakarida yang ada pada madu merupakan sumber energi yang paling cepat. Kandungan melittin yang ada pada racun lebah telah direkomendir WHO sebagai obat rematik," kata Prof Mappatoba Sila beberapa waktu lalu. Mappatoba Sila adalah Ilmuwan ternama Indonesia di dibidang lebah madu. Ia telah mendedikasikan banyak waktunya dengan mempelajari keajaiban-keajaiban lebah madu.

Gelar Ph.D-nya diraih di Filipina dan tercatat sebagai profesor ahli lebah pertama UPELB pada 1990. Ia bahkan mengembangkan dan mengepalai sebuah laboratorium lebah madu di Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Hasanuddin, Makassar. Tak heran jika Mappaotba Sila telah mengungkap pelbagai manfaat lebah madu ini ke banyak media. Di bidang terapi, manfaat madu juga diungkap terapis herbal, Peter Gabriel yang berpraktik di jalan Pengayoman. Menurut pemilik Teraphy Sain Peter ini, madu memberikan banyak manfaat. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan.
"Madu telah dipercaya sebagai salah satu obat mujarab untuk segala macam penyakit. Selain itu, madu juga sebagai bahan utama untuk perawatan kecantikan. Namun demikian, tidak semua orang tahu akan manfaat dan khasiat madu, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan," kata Peter.
Lebih lanjut Peter menjelaskan, madu merupakan cairan kental yang menyerupai sirup. Rasanya manis dan aromanya khas. Madu dihasilkan oleh lebah yang berasal dari sari bunga atau nektar. Namun, tidak semua lebah bisa menghasilkan madu. Hanya lebah jenis apis dorsata saja yang paling efektif.

Madu memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan. Madu dijadikan sebagai bagian dari cara pengobatan yang dianjurkan bahkan diajarkan oleh Nabi SAW. Menurut international world journal, manfaat madu dapat bekerja dengan baik dalam mengobati luka. Mulai dari luka ringan sampai luka yang cukup serius seperti luka bakar bisa disembuhkan dengan madu. Madu memiliki osmolaritas yang terbukti mampu mengurangi peradangan dan membuat luka menjadi lebih cepat kering.
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment