#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Ayam Kampung yg Sehat dilihat dari segi PSIKIS




Ayam yang sehat dapat pula diketahui dengan ciri-ciri PSIKIS sebagai berikut :  (Baca pula ayam kampung yang sehat dilihat dari segi FISIK)

a. Nafsu Makan
Nafsu makan sering juga dipakai untuk mengecek ayam yang sehat. Ayam yang sehat akan rakus berebut makan sedangkan ayam yang kurang sehat akan selalu menyendiri bila makan. Ingat berebut makan dengan berdesak-desakan saat makan adalah tanda yang berbeda. Berdesak-desakan itu berarti tempat makan perlu ditambah kapasitasnya.

b. Aktifitas
Ayam yang sehat akan selalu beraktifitas sama seperti teman-teman lainnya. Semakin banyak aktifitas maka ayam tersebut adalah ayam sehat. Jika ayam menunjukkan aktifitas lain selain teman-temannya dimungkinkan ayam tersebut tidak sehat. Ayam kurang sehat biasanya banyak minum seperti pada saat ayam kepanasan.
c. Pernafasan
Seperi halnya hidung ayam, ayam sehat akan lancar dan tanpa suara. Jika terjadi masalah ayam ngorok atau bersin, bahkan ayam terengah-engah, sudah dipastikan ayam tersebut tidak sehat. Untuk pernafasan bisa dicek pada malam hari dalam keadaan gelap gulita maka pernafasan ayam akan terdengar jelas.
d. Ayam akan bermain sendiri
Ayam yang kurang sehat akan bermain-main sendiri seperti makan di tempat tersendiri, makan tidak sekali lahap, dan sering mematuk area kandang.
e. Banyak minum
Ayam yang kurang sehat akan banyak minum ketimbang makan. Sehingga ayam kekurangan nutrisi dan pasti akan mati jika tidak ditangani dengan segera.

Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment