Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Harga Daging Sapi di Indonesia Termahal di Dunia



Harga daging sapi di Indonesia kini mencapai 10 dolar (sekitar Rp 100 ribu), tertinggi di dunia jika bandingkan dengan negara lain yang harga daging sapinya masih berkisar 5-6 dolar. Jika daging tersebut kemudian di impor oleh Indonesia, harga jualnya pun tidak terpaut jauh, hanya sekitar 6,5 dolar saja.
Baru kali ini terjadi dalam sejarah, harga daging sapi bertahan (tinggi) dalam lima bulan terakhir, demikian yang dikatakan oleh Direktur Eksekutif Asosiasi Pengimpor Daging Sapi Indonesia (ASPIDI), Thomas Sembiring , Kamis (20/12).
Menurut pendapatnya, penyebab utama kenaikan harga daging sapi di Indonesia adalah kurangnya pasokan. Memang sangat sulit untuk memperkirakan jumlah kebutuhan daging yang sifatnya dinamis dan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Komoditi daging sapi berbeda dengan beras. Kebutuhan beras relatip lebih stabil dan akan turun seiring dengan meningkatnya pendapatan masyarakat. Konsumsi daging sapi justru sebaliknya, belum ada tanda-tanda kebutuhan daging akan konstan.
Contohnya, kebutuhan daging sapi pada tahun 2011 adalah 1,9 kg/th, tahun 2012 mencapai 2,2 kg/th. Bukan tidak mungkin kebutuhan akan naik hingga 7 kg/th seperti di Malaysia. Itu sebabnya pemerintah salah langkah menyusun rencana swasembada.
Khusus untuk kasus yang terjadi sekarang ini, memang diluar perkiraan. Harga daging sapi mulai naik sejak bulan April menjelang hari raya. Biasanya, setelah hari raya, harga daging kembali normal. Namun anehnya harga tersebut terus bertahan di level sekitar Rp.100 ribu, jauh dari harga normal sekitar Rp.70 ribu.
Sumber : republika.co.id
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment