Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Tonjolan Urat di Pelipis Sandiaga dan Adapula Urat pada Bakso, Apa sih Sebenarnya Urat Itu?

Ada yang tahu nggak bedanya urat nadi dengan bakso urat? (Foto: detikHealth) 

DIOLUHTAN-suluhtani, Jakarta - Semenjak heboh video yang diunggah di Instagram Sandiaga Uno, warganet jadi dibuat bingung untuk menyebut tonjolan yang ada di pelipis Sandiaga. Banyak yang menyebutnya sebagai tonjolan 'urat', tetapi pastinya berbeda dengan kandungan 'bakso urat'. "Urat itu otot. Kamu lihat daging steak deh, daging steak itu tidak selamanya kalau kita potong langsung keluar darah, nah itu ada pembuluh darahnya," jelas praktisi kesehatan olahraga dr Michael Triangto, SpKO dalam perbincangan dengan detikHealth.
Dalam video yang heboh di Instagram, tonjolan di pelipis Sandiaga Uno bukanlah otot melainkan pembuluh darah vena. Berbeda dengan pembuluh darah arteri (orang awam mengenalnya sebagai nadi), vena mengalirkan darah dari seluruh tubuh untuk kembali ke jantung. Vena cenderung melebar dan menonjol usai melakukan aktivitas fisik yang berat, stres, atau mengalami sumbatan.
Salahkah kalau disebut urat? Tergantung bagaimana mendefinisikan 'urat'. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi V menyebut salah satu makna 'urat' sebagai 'bagian dalam tubuh yang menyerupai benang atau tali'. Dengan definisi ini, sah-sah saja menyebut pelipis Sandi berurat seperti halnya istilah 'urat nadi', walau pastinya beda makna dengan bakso urat.
Tangkapan layar KBBI daring. Foto: Tangkapan layar KBBI daring (in detiknews)

Menurut dr Michael, urat dalam bakso maupun soto sapi bukanlah pembuluh darah melainkan otot. Lebih tepatnya adalah tendon, yakni bagian otot yang melekat pada tulang. "Kalau makan soto 'pakai urat ya' itu tendon sebenarnya yang dimaksud secara medis," kata dr Michael.
Lalu kalau ada penyakit asam urat, maka yang dimaksud bukan otot maupun pembuluh darah, melainkah 'gout'. Beda lagi, ini adalah keluhan nyeri di persendian yang dipicu oleh penumpukan kristal asam urat atau uric acid, yakni senyawa hasil metabolisme purin di dalam tubuh.
Nah kalau sakit karena Usam Urat sudah tidak tertahankan sampai harus bolos kerja, maka sebaiknya minta dokter untuk membuatkan 'Urat Izin'.
courtesy on youtube

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment