#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Kementrian Pertanian: Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah TA. 2019


DIOLUHTAN-suluhtani. Untuk melaksanakan Ketentuan Pasal 6 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 168/PMK.05/2015 tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Bantuan Pemerintah pada Kementerian Negara/ Lembaga sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 173/PMK.05/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 168/PMK.05/2015 tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Bantuan Pemerintah pada Kementerian Negara/ Lembaga, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pertanian tentang Pedoman Umum Pengelolaan dan Penyaluran Bantuan Pemerintah Lingkup Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2019.
Bantuan pemerintah adalah bantuan yang tidak memenuhi kriteria bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada perseorangan, kelompok masyarakat atau lembaga pemerintah/nonpemerintah. Bantuan pemerintah diberikan kepada yang berhak berupa pemberian penghargaan, beasiswa, tunjangan profesi guru dan tunjangan lainnya, bantuan operasional, bantuan sarana/prasarana, bantuan rehabilitasi/pembangunan gedung/bangunan dan bantuan lainnya yang memiliki karakteristik bantuan pemerintah yang ditetapkan oleh pengguna anggaran.

Dalam implementasinya pertanggungjawaban bantuan pemerintah memerlukan effort kerja yang menyita waktu dan tenaga bagi penerimanya, sehingga aparatur negara tidak fokus kepada tugas dan fungsinya dalam penyelenggaraan pemerintahan. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 173/PMK.05/2016 adalah salah satu upaya kementerian keuangan dalam memperbaiki mekanisme dan menyederhanakan pertanggungjawaban anggaran bantuan pemerintah.
Secara ringkas perbaikan mekanisme pelaksanaan anggaran pada proses penyusunan pedoman umum dan petunjuk teknis serta penetapan penerima bantuan adalah berikut ini:
Editor dan Re-“Suluh”: Yusran A.Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment