Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Hilirisasi Inovasi Teknologi BB Litvet di Provinsi Jawa Tengah


Penandatanganan serah terima produk vaksin inovasi teknologi dari Kepala BB Litvet (kedua dari kanan/jilbab) kepada Kadis Peternakan dan Keswan Jateng ( (kedua dari kiri/baju kuning) 

DIOLUHTAN-suluhtani. Jateng. Kerjasama Balai Besar Penelitian Veteriner (BBlitvet) dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah telah memasuki memasuki tahun ketiga. Sebagai tindak lanjut dari kerjasama tersebut pada hari selasa 8 Januari 2019 telah dihilirisasikan inovasi teknologi vaksin AI bivalen dan ND GT VII menyusul vaksin ETEC VTEC yang sudah dihilirisasikan pada tahun sebelumnya.
Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah di Ungaran. Produk vaksin diserah terimakan dari Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner sebanyak 50 ribu dosis kepada Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. Produk inovasi teknologi BB Litvet tersebut diharapkan mampu membantu mencegah terjadinya kasus penyakit ND dan AI di wilayah pengembangan ternak unggas milik Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.


Selain itu juga dilakukan pendampingan oleh tim BB Litvet dalam pelaksanaan vaksinasi dan monitoring sebelum dan pasca vaksinasi. Selain vaksin untuk unggas, hilirisasi inovasi pada tahun 2019 juga adalah tentang diagnosa dan hilirisasi Lip32 untuk diagnosa penyakit zoonosis Leptospirosis. Teknologi Lip32 diharapkan dapat diimplementasikan di laboratorium Veteriner daerah dibawah Prov Jateng guna mengetahui dan mendeteksi kasus Leptospirosis secara cepat dan akurat di wilayahnya.
Menurut Kepala BB Litvet, Dr.drh. NLP Indi Dharmayanti, MSi , bahwa teknologi yang dihilirisasikan tersebut sebagian besar sudah di lisensi oleh pihak swasta sehingga sehingga dijamin bahwa kualitas produk tersebut memiliki standar mutu yg baik.

Suasana pertemuan (dok : BBlitvet)

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Jateng, Ir. Agus Wariyanto, SIP, MM sangat berterimakasih atas komitmen dari BB Litvet untuk mendukung program kesehatan hewan di Jawa Tengah. Tidak hanya aspek kesehatan hewan saja yang menjadikan perhatian oleh BB Litvet namun juga dalam hal peningkatan kualitas SDM khususnya yang ada di UPT Balai Veteriner. Hasil kerjasama yang berbasis teknologi termasuk salah satunya dengan BB Litvet, menurut Kadis Peternakan dan kesehatan hewan Prov. Jateng akan diekspose secara luas.
Editor : Yoush



Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment