#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Segera di Akreditasi, BPP terus ditingkatkan Kapasitas dan Pelayanannya

DIOLUHTAN-suluhtani. Pengembangan penyuluhan pertanian dilakukan dengan memperhatikan perubahan lingkungan strategis dengan visi jauh ke depan. Perubahan lingkungan strategis yang mempengaruhi pengembangan penyuluhan pertanian adalah: (1) globalisasi; (2) berlakunya otonomi daerah; (3) kebijaksanaan pembangunan pertanian; (4) perkembangan kondisi petani; dan (5) pergeseran paradigma pembangunan pertanian.
Untuk mendukung revolusi industri 4.0, sektor pertanian, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai Kelembagaan Penyuluhan Pertanian terdepan, terus ditingkatkan kapasitas dan pelayanannya.
Kantor Balai Penyuluhan Kecamatan Bontocani Kab. Bone (foto : yoush)

BPP sebagai Pusat Data dan Informasi Pertanian di Kecamatan, harus mampu  menyediakan data dan informasi pertanian serta materi penyuluhan pertanian dengan cepat dan tepat waktu dengan memanfaatkan Internet of Thing (IoT) dalam Internet Pertanian. IoT dalam Internet Pertanian bertujuan untuk meng-connect (menyambungkan) potensi-potensi pertanian di wilayah kerja BPP dengan internet melalui smarphone maupun gadget lainnya.
Akreditasi BPP diperlukan untuk memastikan penyelenggaraan penyuluhan pertanian di Kecamatan terjamin berjalan efektif dan efisien serta mampu mengkoordinasikan, mensinergikan dan menyelaraskan program pembangunan pertanian di kecamatan dengan pemangku kepentingan lainnya.
Disamping itu, akreditasi BPP juga diharapkan dapat mendorong, antara lain: 1) Pengembangan SDM Pertanian, 2) Pengembangan Sistem Informasi penyuluhan Pertanian, 3) Pengembangan Metode dan Materi Berbasis IT , 4) Optimalisasi Pemanfaatan Sarana Penyuluhan Pertanian 5) Peningkatan Prasarana dan Alat Bantu Penyuluhan Pertanian, 6) Pemberdayaan Masyarakat Sasaran, dan 7) Pengembangan Jaringan Kerja dan Kemitraan.
Akreditasi BPP diperlukan untuk memastikan penyelenggaraan penyuluhan pertanian di Kecamatan terjamin berjalan efektif dan efisien serta mampu mengkoordinasikan, mensinergikan dan menyelaraskan program pembangunan pertanian di kecamatanDengan adanya Akreditasi BPP maka mampu menjawab tantangan tersebut, dan BPP mampu melayani dan mewujudkan Petani Sejahtera.

Editor : Yoush A. Yahya



Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment