#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Masa Panen Tebu, Petani Mulai Sibuk

DIOLUHTAN. Bone-Sulsel. Tanaman tebu rakyat di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan khususnya Bone bagian selatan yaitu di Desa Masago, Kec. Patimpeng telah memasuki masa panen, para petani tebu yang tergabung dalam kelompok tani sibuk mengatur jadwal panen. 
Andi Elya Azis, SPt, penyuluh pertanian Desa Masago

Pengaturan panen dimaksudkan agar tebu secara efisien dapat diolah dalam keadaan optimum. Melalui pengaturan panen, penyediaan tebu dipabrik akan dapat berkesinambungan dan dalam jumlah yang sesuai dengan kapasitas pabrik sehingga pengolahan menjadi efisien.
Andi Elya Azis, SPt, penyuluh pertanian Desa Masago menjelaskan bahwa pelaksanaan panen dilakukan pada bulan Agustus-November dimana pada musim kering kondisi tebu dalam keadaan optimum dengan tingkat rendemen mencapai maksimal. “Penggiliran panen tebu mempertimbangkan tingkat kemasakan tebu dan kemudahan transportasi dari areal tebu ke pabrik. Kegiatan pemanenan meliputi estimasi produksi tebu, analisis tingkat kemasakan dan tebang, muat dan angkut” ujar Elya, yang pernah maraih predikat penyuluh teladan nasional 2014.
Elya berharap di musim ini para petani tebu memperoleh hasil yang maksimal, selain meningkatkan kesejahterahan petani juga mendukung program swasembada gula.
Source : Y.A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment