Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Leaflet aplikasi Sistem Informasi Monitoring Pertanaman Padi (SIMOTANDI)

DIOLUHTAN. Sekretariat Jenderal, Pusat Data dan Informasi Pertanian memberikan informasi dan penjelasan mengenai Satelit untuk Monitoring Pertanaman Padi. Saat ini Kementan telah membangun aplikasi Sistem Informasi Monitoring Pertanaman Padi (SIMOTANDI) dengan memanfaatkan citra dari hasil penginderaan Landsat-8 untuk monitoring pertanaman padi yang bisa diakses di :
1. http://sig.pertanian.go.id/, dan;
2. Akses webGIS SIMOTANDI di http://sig.pertanian.go.id/fasetanamanpadi/.

Untuk diketahui, tahapan otomatisasi pemantauan fase padi meliputi cropping citra, hitung indek pertanaman padi, masking indek dg peta lahan sawah, interpolasi dan filtering indek, estimasi fase pertanaman padi, masking fase padi dg peta administrasi, hitung statistik kecamatan, informasi yang didapat dari aplikasi simotandi, peta sebaran dan luas fase pertanaman padi, dan peta prakiraan curah hujan 6 harian juga 1 hingga 3 bulan ke depan. [sig.pertanian.go.id]


Sumber : Sekretariat Jenderal, Pusat data dan Sistem Informasi Pertanian, Kementrian Pertanian RI
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment