Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Tematik Produksi Daging : Pakan Sapi Potong berbasis Limbah Tanaman Pangan

DIOLUHTAN-Sulsel. Upaya membantu petani dalam meningkatkan produksi ternak sapinya serta dalam mendukung pencapaian swasembada pangan melalui upsus peningkatan produksi daging sapi. Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang menyelenggarakan diklat tematik mendukung peningkatan produksi daging sapi bagi penyuluh pertanian PNS-THL TBPP bertempat di Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Libureng, Kab. Bone.
Pada hari ke-2, (Selasa, 29/03/16) para penyuluh pertanian dari 3 kabupaten (Bone, Sinjai dan Maros) dilatih mengenai bagaimana menyiapkan formula pakan sapi potong berbasis limbah tanaman pangan seperti jerami padi dan jerami jagung.
Yusran A. Yahya, SPt, MSi salah satu fasilitator mengungkapkan bahwa setelah mengikuti materi ini peserta diharapkan mampu menyiapkan ransum sapi potong berbasis limbah tanaman pangan, dan dapat mengidentifikasi berbagai limbah tanaman pangan sebagai pakan ternak, serta dapat menyusun formula pakan sapi potong berbasis limbah tanaman pangan.
Secara teknis para penyuluh ini dibekali teori-teori penyuluhan mengenai pakan sapi potong. Lebih lanjut, Yusran memaparkan bahwa bahan pakan yang bervariasi dalam jenis maupun kualitasnya sangat dibutuhkan dalam penyusunan ransum sehingga dapat memenuhi kebutuhan ternak dan efisien dalam hal biaya. Bentuk pakan yang diberikan juga harus diperhatikan karena juga akan berpengaruh pada efisiensi dari pencernaan bahan pakan tersebut.

Peserta kegiatan yang sebanyak 30 orang ini juga dibekali praktek cara menentukan formula pakan sapi berdasarkan spesifik lokasi pada masing-masing wilayah.
Admin : Yoush A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment