Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Alat Berat Rusak, Cetak Sawah Terhambat

DIOLUHTAN-Sulsel. Percetakan sawah di Desa Mattirowalie, Kec. Bontocani masih terhambat akibat alat berat untuk melakukan cetak sawah mengalami kerusakan. Padahal lahan yang digarap oleh alat berat tersebut baru sekitar 2 Are. "Pelaksanaan cetak sawah di dusun Taring Tellue, tepatnya pada lahan kelompok tani Balireng tersendat akibat alat berat yag dipakai untuk mencetak sawah mengalami kerusakan” ujar Sekdes Mattirowalie, Telu, S.Sos
Di tempat yang sama, Babinsa Mattirowalie, Sertu Rusdiman, mengatakan bahwa alat tersebut bekerja pada tanggal 10 Februari 2016 tapi hanya beberapa hari bekerja, dan baru 2 are lahan yang telah dicetak, alat tersebut mengalami kerusakan. “Sudah hampir 2 bulan, tidak ada tanda-tanda perbaikan alat atau sekalian diganti saja alatnya, karena ini menghambat proses percetakan sawa yang nantinya sawah ini akan digunakan untuk pertanaman padi” ucap Rusdiman
Sementara Penyuluh Pertanian setempat, Yusran A. Yahya ketika dikonfirmasi hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya meminta masyarakat untuk bersabar. Beliau hanya mengingatkan tentang status lahan yang merupakan lahan baru tetapi dimiliki oleh ke­lom­­pok tani dan kepemilikan ini harus sesuai dan merupakan bagian dari kelompok tani penerima bantuan percetakan sawah ini. Apabila telah selesai dibuka dan akan ditanami, akan disediakan benih dan pupuk dari pemerintah.

Dalam hal kerusakan ini, beliau berharap kepada pihak yang terkait untuk mengatasi hal ini, supaya program pertanaman padi di wilayah cetak sawah ini cepat dilaksanakan dan diharapkan membantu swasembada pangan di Indonesia.
Admin : Yoush A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment