#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Amoniasi Jerami, Nutrisi Pakan Meningkat, Gemukkan Ternak Sapi

DIOLUHTAN-Sulsel. Program peningkatan populasi dan produktivitas sapi potong perlu diikuti dengan penyediaan pakan yang berkualitas sepanjang tahun. Upaya penyediaan pakan dilakukan secara komprehensif dengan menerapkan konsep feed forage budgeting, perawatan dan pemanfaatan hijauan yang ada, pengembangan hijauan unggul, pengembangan usaha integrasi antara ternak dan tanaman pangan serta penggalian potensi pakan lokal. 
  


Demikian pemaparan awal fasilitator diklat, Yusran A. Yahya, SPt, MSi saat melatih dan membimbing peserta diklat diklat tematik mendukung peningkatan produksi daging sapi bagi penyuluh pertanian PNS-THL TBPP bertempat di Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Libureng, Kab. Bone. (Selasa, 29/03/2016)
Menurut Yusran, pemanfaatan jerami padi ini untuk dijadikan sumber pakan alternatif untuk ternak sapi melalui proses amoniasi yaitu  pengolahan menggunakan amoniak (NH3) sebagai bahan  yang digunakan untuk meningkatkan daya cerna pakan berserat sekaligus meningkatkan kadar N (proteinnya). 
“Cara ini mempunyai keuntungan yaitu sederhana, mudah dilakukan, murah (sumber NH3 diambil dari urea), juga sebagai pengawet, anti aflatoksin, tidak mencemari lingkungan dan efisien (dapat meningkatkan kecernaan sampai 80%)” paparnya saat demonstrasi cara.

Pembuatan amoniasi jerami padi ini akan mengalami proses pematangan selama 21 hari. Setelah itu baru jerami hasil amoniasi dapat diberikan pada ternak sapi yang telah dikering anginkan terlebih dahulu. (yoush)
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment